btmm“Pihak yang terlibat di­dalamnya seharusnya bergerak cepat jangan terkesan diperlambat untuk menunjukkan hasilnya,” bebernya.

Lebih lanjut, Iman menjelaskan SKPD mempu­nyai tugas untuk melayani masyarakat dan menjaga ma­syarakatnya dari oknum-ok­num pengusaha yang merugi­kan masyarakat. “Seharusnya SKPD itu menjadi pelayan ma­syarakat jangan sampai berpi­hak kepada pengusaha,” ung­kap Iman.

Berbicara mengenai belum adanya tindakan dari Pemkot Bogor terkait bocornya saluran IPAL BTM, Iman meminta pihak BPLH untuk berkordinasi den­gan SKPD terkait terutama ba­gian penegak perda (satpol pp).

“Ketika ada laporan apalagi kemarin BPLH sudah memberi­kan surat teguran kepada BTM dan tidak ada respon seharus nya BPLH melakukan kordinasi dengan SKPD yang melaku­kan penegakan Perda, tinda­kan seperti apa yang nantinya akan dilakukan seperti dilarang beroperasi sampai IPAL nya itu tidak mencemari lingkungan setempat kalau tidak dilakukan seperti itu perusahaan akan terus membandel jangan sam­pai ada indikasi kongkalikong antara pihak pemerintah me­lalui skpd terkait dengan pen­gusaha,” tuturnya.

Baca Juga :  Pengurus PWRI Masa Bakti Tahun 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

Soal isu adanya suap Kepala BPLH Kota Bogor, Lilis Sukar­tini, membantah. “Main mata apa ? kalau masalah limbah kan sifatnya pembinaan lebih baik di tanyakan saja supaya semuanya clear,” bebernya.

Bekas Kepala Badan Pelay­anan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM) Kota Bogor itu juga meminta awak media untuk mengecek semua, jangan hanya BPLH saja yang dicecar terkait IPAL BTM yang hingga saat ini belum juga beres. “Kroscek saja double su­paya jelas jangan LH saja yang dicecar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat, Direksi Tirta Pakuan Ikuti Vaksin Booster

Dikonfirmasi, Manager Marketing dan Komunikasi Mal BTM, Sharon Vebrilla men­gatakan pihaknya tidak menge­tahui kenapa hasil lab tersebut belum juga selesai. Ia hanya mengetahui proses di lapangan berjalan normal. “Kalau di kita tidak ada apa-apa dan yang kita ketahui berjalan seperti biasa dan di lapangan progres berja­lan normal,” ujarnya.

Sharon mengatakan, pi­haknya sudah memperbaiki saluran Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). “Kalau soal kerusakan dan perbaikan sudah selesai,” begitu, kilahnya.

Oleh :Guntur Eko Wicaksono
[email protected] .com (*)