mahasiswa+pertanianBOGOR, Today – Agria Youth Program (AYP) 2015 segera digelar oleh mahasiswa Fakultas Pertanian IPB. Para ma­hasiswa yang bergelut dan berhubungan dengan bidang pertanian diajak untuk membentuk sebuah forum besar dan bergabung dengan para mahasiswa lain di tingkat Asia Tenggara. AYP 2015 akan menjadi rangkaian acara inter­nasional dan berlangsung pada 2 – 5 September 2015 oleh Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. AYP 2015 akan mencakup 5 acara besar, yakni Plenary Session, Par­allel Session, Forum Formation, Awarding Night, dan Ex­cursion sebagai berikut:

Plenary Session (Seminar)

Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta mengenai komunitas yang solid negara-negara di dunia untuk menghadapi pasar dan dan men­guatkan potensi pertanian tropis. Tema dari sesi Plenary ini adalah Empowering Young Generation for the Devel­opment of Sustainable Tropical Agriculture: Penguatan Generasi Muda dalam Pembangunan Pertanian Tropis yang Berkelanjutan. Sehingga, acara ini fokus kepada isu-isu seputar pertanian dan potensi pertanian untuk menjadi sektor utama di bidang ekonomi. Sesi Plenary ini juga dimaksudkan atau juga bertujuan untuk mem­perluas pengetahuan peserta mengenai permasalahan-permasalahan penting di bidang pertanian tropis yang tengah dihadapi dunia saat ini. Melalui acara ini di­harapkan dapat memicu munculnya ide-ide kreatif dari peserta untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui di pertanian.

Parallel Session (Sesi Presentasi Paper)

Sesi ini dimaksudkan untuk memberi wadah bagi peserta un­tuk mempresentasikan secara lisan paper yang telah dikirimkan peserta sesuai dengan subtema yang telah ditetapkan oleh pani­tia. Setiap tim akan mempresentasikan papernya masing-masing pada setiap panel sesuai dengan subtema yang telah dipilih. Se­tiap panel akan dipimpin oleh seorang dosen untuk setiap sub­tema yang juga berperan sebagai juri untuk menilai presentasi oleh peserta.

Forum Formation (Pembentukan Forum Mahasiswa Per­tanian)

Pada pembentukan forum ini, peserta akan mendiskusi­kan mengenai panduan pembentukan sebuah organisasi. Peserta juga akan mengadakan pemilihan panitia eksekutif untuk Forum Mahasiswa Pertanian (Agriculture Students Forum) periode 2015/2016. Kemudian, forum akan mence­tuskan visi dan misi yang mengacu pada Forum Mahasiswa Pertanian periode 2015/2016. Peserta selanjutnya akan mem­buat “Bogor Protocol” sebagai bukti dicetuskannya forum ini. Peserta Agria Youth Program secara otomatis akan menjadi delegasi negara-negara yang tergabung dalam Forum Maha­siswa Pertanian dan tergabung dalam kepanitiaan periode 2015/2016.

Awarding Night (Malam Penghargaan)

Malam penghargaan diadakan sebagai apresiasi bagi parti­sipasi para peserta. Pada malam penghargaan ini akan banyak ditampilkan penampilan budaya dari peserta itu sendiri, seperti menyanyikan lagu khas negara masing-masing, me­narikan tarian adat, memainkan alat musik khas negara, dan lain sebagainya. Penghargaan untuk pembicara terbaik, paper terbaik untuk setiap subtema, dan pakaian adat terbaik juga akan diberikan.

Excursion (Wisata)

Acara ini terutama dimaksudkan untuk memberikan penyeg­aran bagi seluruh delegasi yang telah hadir setelah berpartisi­pasi dalam sesi plenary dan inisiasi pembentukan forum maha­siswa pertanian. Acara ini meliputi kunjungan ke tempat-tempat rekreasi di sekitar Bogor. Melalui acara ini diharapkan ikatan persahabatan di antara para delegasi akan semakin erat terjalin, terutama untuk delegasi-delegasi yang berasal dari negara-negara di seluruh dunia.

(Rifky Setiadi)