Untitled-5All New Mitsubishi Pajero Sport, Sport Utility Vehicle (SUV) 7-seater, secara mengejutkan resmi meluncur Sabtu (1/8/2015) di Thailand. Sebelumnya, All New Toyota Fortuner telah menggoda lewat foto-foto yang sudah beredar di dunia maya.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Model anyar Pa­jero Sport me­miliki kemasan yang cukup mengg i u rkan kini. Adapun dimensinya yang duduk di ladder frame kini me­miliki panjang 4.785 mm, lebar tetap 1.815 mm dan tinggi 1.805 mm. Sumburoda tetap disaji­kan 2.800 mm.

Generasi kedua Pajero Sport ini diklaim ditetaskan melalui standar kualitas tinggi dan mengedepankan desain lebih bergaya. Di balik kap mesinnya siap dengan MIVEC 2.4L turbocharger menyajikan tenaga 181 hp dan torsi 430 Nm. Transmisi lansiran Aisin mam­pu dimainkan hingga delapan tingkat percepatan otomatis. Klaim bahan bakar lebih irit 17 persen berbanding pendahulu­nya.

Sistem gerak empat roda juga disiapkan yakni Super- Select 4WD-II. Ada pilihan Off-road mode dan Hill Descent Control. Pajero Sport teranyar kini dijejalkan standar tinggi keselamatan berupa tujuh air­bag dan electronic stability control.

Fitur Keselamatan Canggih

All New Mitsubishi Pajero Sport mengusung fitur kes­elamatan dan performa ter­depan berbanding pendahu­lunya. Fitur unggulan berupa Mitsubishi Forward Collision Mitigation System (FCM). Ada­pun FCM ini berupa radar yang ditempatkan di balik grille Pajero Sport, memungkinkan mendeteksi benda sejauh 200 meter dengan potensi terjadin­ya tabrakan.

FCM ini mampu memantau hingga kecepatan 180 km/jam. Pada tahap pertama, andaikan resiko tabrakan rendah, FCM akan memberikan peringa­tan berupa gambar dan suara untuk menyadarkan pengen­dara. Secara bersamaan rem akan siaga dan brake assist diaktifkan, akan memberikan penekanan pada rem sehingga pengendara merespon dan me­nekan pedal rem.

Andaikan pengendara tak merespon dan resiko ke­celakaan semakin meningkat, sistem akan terus menyadar­kan pengendara sekaligus se­cara mandiri melakukan pen­gereman dan memberikan peringatan tambahan kepada pengendara.

Bila resiko tabrakan sangat besar, FCM melakukan pene­kanan rem secara mandiri agar terhindar dari kemungkinan tabrakan. Di bawah 30 km/ jam, FCM akan maksimum mel­akukan pengereman hingga 8 milidetik. Di atas kecepatan tersebut FCM bekerja hingga 6 milidetik.

Fitur berikutnya adalah Ul­trasonic Misacceleration Miti­gation System (UMS). Adapun UMS ini memungkinkan pen­gendara tidak akan melaju meskipun posisi transmisi di D dan pedal gas ditekan, karena sensor membaca di depan mobil ada rintan­gan.

Blind Spot Warning (BSW) akan sangat mem­bantu pengendara Pajero Sport mengetahui ada kend­araan di sisi terluar saat mela­ju dan tidak terpantau melalui spion. Sehingga pengendara lebih waspada ketika ingin menyalip kendaraan di depan.

Multi Around Monitor, berupa kamera pantau yang menyebar di grille depan, pin­tu belakang, dan sisi bagian bawah tiap spion luar. Sehing­ga memudahkan pengedara memantau sekitar saat akan melakukan parkir maju, mun­dur maupun pararel.

Super Select 4WD-II All Wheel Control (AWC). Terda­pat empat pilihan berkendara di berbagai medan. Adapun untuk full time AWC dipilih melalui tombol putar 4H, saat di jalan lurus performa mesin akan berbagi depan dan be­lakang hingga 40-60. Bila di jalan basah pembagiann­ya 50-50. Apa ­b i l a digeser ke 2H, 100 persen torsi akan diserahkan ke roda bela­kang.

Pilihan 4HLC (4WD High- Range with Locked Transfer) akan memberikan mengunci center differential untuk men­yajikan traksi ke tiap roda. Sehingga Pajero Sport mudah dikendarai dalam jalanan ber­lumpur.

Pilihan 4LLC (4WD Low Range with Locked Transfer). 4LLC ini akan mengerahkan gigi terendah dan teknologi Ac­tive Stability and Traction Con­trol (ASTC), berupa torsi 50% ke tiap roda, bahkan sampai 70% ke roda yang mendapat trak­si. Mengoperasikan 4HLC dan 4LLC, Pajero Sport harus dalam keadaan diam terlebih dahulu.

Hill Decent Control System (HDC) juga terintegrasi di Pa­jero Sport. Sangat berguna bila melewati jalan curam. (DP)