HLSetelah berkunjung ke Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat (Jabar), Ahmad Saefudin beserta jajaran pengurusnya memastikan Stadion Pakansari menjadi venue cabang olahraga (cabor) Sepakbola dan Atletik

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Ahmad Saefudin men­gaku kagum dengan Sta­dion Pakansari. Dirinya juga meyakini ke depan stadion tersebut mam­pu menjadi ikon level internasional. Oleh sebab itu, ia menilai stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor layak menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga dalam PON XIX/ 2016 mendatang.

“Beberapa hari yang lalu, pasca melantik pengurus KONI Kabupaten Bogor yang baru, kami mengecek kelayakan Stadion Pakansari karena stadion ini akan menjadi tuan rumah cabang olahrga atletik, sepakbola dan drumband,” katanya.

Saefudin menambahkan selain mengecek lapangan sepakbola, sirkuit atletik, tribun, ruang meet­ing, media center dan lainnya. Ia memutuskan Stadion Pakansari layak menjadi tuan rumah venue pertandingan level internasional. Ia pun menilai rancang Stadion Pakan­sari sudah setaraf standar Interna­sional. “Tinggal penyelesaian pem­bangunan tahap akhir saja, jangan sampai molor saja pembangunan­nya,” katanya.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Final Swiss Open 2024

Ia juga mengharapkan jajaran KONI Kabupaten Bogor bekerja lebih baik lagi agar sukses menjadi tuan rumah PON XIX/2016 men­datang. “Kita tak hanya dituntut sukses sebagai tuan rumah, sukses di sisi ekonomis tetapi kita juga ha­rus sukses di bidang prestasi. Se­bagai tuan rumah Jawa Barat ingin menjadi juara umum ke empat ka­linya setelah terakhir menjadi juara umum tahun 1961 lalu,” tegasnya.

Resmi Diberi Nama

Setelah sebelumnya diusulkan untuk diberikan nama orang yang pernah berjasa atau pahlawan dari Kabupaten Bogor, akhirnya Bupati Bogor, Nurhayanti merubah nama Stadion Pakansari menjadi Stadion Pakansari Cibinong Raya.

Hal itu diutarakan ketua KONI Kabupaten Bogor, Rusdi AS karena dalam beberapa kesempatan Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan hal itu dalam berbagai petemuan dengan in­san olahragawan. “Kalau ibu, dalam beberapa kali rapat dengan KONI atau insan olahraga lainnya selalu men­gatakan stadion ini adalah Stadion Pakansari Cibinong Raya,” kata Rusdi.

BACA JUGA :  Bogor Football School, Wadah Anak-anak Kembangkan Sepak Bola

Menurutnya, alasan Bupati me­milih nama itu, karena stadion ini bertempat di Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong. Bupati memi­liki rencana, kecamatan Cibinong berubah menjadi Kota Cibinong Raya, maka stadion ini menurutnya lebih cocok namanya menjadi Sta­dion Pakansari Cibinong Raya.

Namun, lanjutnya, tidak menu­tup kemungkinan jika ada investor yang bagus. Ke depan nama Stadion Pakansari Cibinong Raya bisa saja berubah asalkan harga investasin­ya seimbang. “Klub sepakbola elit Eropa menjual nama stadionnya ke sponsor seperti Arsenal, Bayeen Muenchen, Manchester City dan lainnya. Stadion Pakansari Cibinong Raya ini bisa berubah namanya menjadi branding sponsor,” pung­kasnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================