Tommy-Kurniawan-Bertanggung-Jawab-Kompetisi-Tim-TransisiJAKARTA, Today – Seluruh klub peserta Piala Kemerdekaan 2015 akh­irnya telah memenuhi persyaratan kelengkapan daftar pemain mereka ke Tim Transisi. Semua itu terpenuhi pada, Minggu (2/8) dini hari.

Menurut anggota Tim Transisi, Cheppy T. Wartono, hingga Sabtu (1/8), tengah malam sebenarnya masih ada dua klub yang belum me­lengkapi persyaratan terkait kontrak pemain.

“Ada Persitara Jakarta Utara sama Madiun Putra yang paling akhir. Jelang ditutup, mereka menyerahkan persyaratan,” beber Cheppy.

Dengan demikian, tidak akan ada pencoretan peserta, sehingga 24 klub dipastikan ambil bagian dalam turnamen yang mayoritas diikuti klub Divisi Utama itu.

Nantinya, proses verifikasi per­syaratan daftar pemain ini juga akan melibatkan Badan Olahraga Profe­sional Indonesia (BOPI). BOPI akan mengawal verifikasi tersebut agar sesuai dengan regulasi klub profe­sional di Indonesia. Rencananya, proses verifikasi ini akan selesai pada pekan depan.

Baca Juga :  Atlet Menembak Kota Bogor, Muhammad Hilman Persembahkan 2 Emas di Peparnas XVI Papua 2021

Seperti diketahui, Piala Ke­merdekaan akan dimulai pada 15 Agustus nanti. Presiden RI, Joko Widodo, direncanakan akan mem­buka kick-off turnamen tersebut.

Minim Pemain Asing

Regulasi Piala Kemerdekaan yang membolehkan klub menggunakan pemain asing ternyata tak bisa di­maksimalkan oleh klub.

Penyebabnya, keinginan klub merekrut pemain asing terkendala sulitnya administrasi.

Disanksinya sepak bola Indone­sia oleh FIFA, memang membuat pemain asing tak boleh merumput di Indonesia, Kondisi ini membuat klub-klub akan kesulitan mengurus Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas) karena dokumen masuk tak bisa di dapatkan dengan mudah.

Baca Juga :  Tak Dilirik KOK, SSB Duta Persada Tancap Gas Raih Perstasi

“Saat ini memang tidak mudah mengurus administrasi. FIFA juga melarang pemain luar masuk ke In­donesia,” kata Cheppy T Wartono, Pokja Komunikasi Tim Transisi, Min­ggu (2/8).

Meski demikian, Cheppy mengaku ada beberapa klub yang memanfaat­kan tenaga beberapa pemain natu­ralisasi, seperti Raphael Maitimo. Mereka juga merekrut beberapa pe­main eks ISL untuk memperkuat tim.

“Dari data yang masuk, seperti­nya tidak ada pemain asing. Kalau pemain yang levelnya ISL di musim lalu, banyak. Mungkin hanya 1-2 klub ytang dari musim lalu punya pemain asing, tapi belum kami verifikasi,” terang dia.

(Imam/net)