2JONGGOL TODAY – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor bersama PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menggelar op­erasi distribusi air bersih di Keca­matan Jonggol. Distribusi air ber­sih yang digelar mulai dari 24 Juli hingga 1 Agustus 2015 ini melayani 19.110 jiwa dari total 3.422 KK yang tersebar di 13 kampung dari 10 desa se-Kecamatan Jonggol.

Operasi air bersih ini mer­ingankan beban warga. Betapa tidak, sebelum dikirim air bersih masyarakat harus merogoh kocek guna membeli air curah untuk keperluan makan minum. Sumur di perkampungan kering, sedang­kan untuk keperluan mandi dan cuci, sumber air di sungai sangat jauh dan debit airnya pun turun seiring dengan kemarau panjang yang melanda wilayah Bogor.

Baca Juga :  Pengurus PWI Sowan ke DPRD Kota Bogor

“Setiap KK mendapat bantuan sebanyak 30 liter air bersih, itu cukup untuk dua hari pemakaian, dan total untuk di Jonggol ini kami mengucurkan volume air bersih sebanyak 105.000 liter,” jelas Ke­pala Markas PMI Kabupaten Bo­gor, Abidin.

Menurut Abidin, pola distri­busi air bersih fokus dan merata sesuai dengan kondisi dan kebu­tuhan masyarakat di lapangan. “Kami dari PMI dan PDAM, dalam kondisi siaga dan siap untuk mendistribusikan air bersih ke wilayah lainnya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Mural Dihapus, Poster Sindir Pemerintah Muncul

Sementara itu, Usman, warga RT 01 RW 01 Kampung Bangkong Reang, Desa Sukasirna, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor mengatakan sangat terban­tu dengan adanya kiriman air ber­sih dari PMI dan PDAM Kabupaten Bogor. “Membantu banget. Soal­nya, sumber air sangat jauh. Kalau harus beli air tiap hari juga repot uangnya. Kalau bisa mah tiap dua hari sekali dikirim air,”harap Us­man.

(Yuska Apitya/*)