BOGOR, Today – Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bo­gor selaku tuan rumah Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018 terus menggenjot persiapan para atletnya untuk berlaga di ajang empat tahunan tersebut.

Salah satu upaya yang di­lakukan adalah menyasar ka­langan pelajar dengan menyen­tuh kegiatan ekstrakurikuler olahraga di setiap sekolah di lingkup Pemkab Bogor. Pasal­nya, pembinaan atlet usia dini menjadi salah satu kunci es­tafet pembinaan atlet.

“Hal ini sejalan dengan amanah pendidikan untuk mengembangkan prestasi dan menjamin keseimbangan per­tumbuhan intelektual serta jas­mani dan rohani pelajar. Hal ini juga berperan penting dalam membangun karakter pela­jar karena peristiwa olahraga berpotensi mengembangkan sportivitas, sifat ksatria, dan kepatuhan pada aturan main,” kata Bupati Bogor, Nurhayanti.

Dikatakannya, perlu ad­anya sinergisitas antara Dinas Pendidikan Kabupaten Bo­gor dengan Pusat Pembinaan dan Latihan olahraga Pelajar (PPLP) serta Pusat Pembinaan dan Latihan olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) guna menyu­sun kebijakan pembinaan atlet yang komprehensif, dan ber­kesinambungan, serta memas­tikan terciptanya peningkatan prestasi atlet pelajar dalam ber­bagai cabang olahraga, dalam rangka mencari atlet berpresta­asi di usia dini.

“Saya ingin agar Badan Pembina Olahraga Pelajar Se­luruh Indonesia (Bapopsi) un­tuk terus bersinergi dengan Dinas Pendidikan, PPLP serta PPLPD. Tujuannya agar pembi­naan atlet di Kabupaten Bogor jelas dari hulu ke hilirnya, serta memastikan terciptanya pen­ingkatan prestasi atlet pelajar dalam berbagai cabang olah­raga,” ujarnya.

Nurhayanti mengacung­kan jempol terhadap Bapop­si yang menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan pengembangan manajemen ekstrakurikuler olahraga. “Saya sangat mengapreasi ke­giatan ini,membuktikan bah­wa Bapopsi tidak diam dalam mencetak atlet bagi Kabupaten Bogor, dan menciptakan guru olahraga yang kompeten, serta berdaya saing dengan pemaha­man manajemen ekstrakurikul­er olahraga yang mumpuni,” pungkasnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)