Untitled-6DIBALIK kesejukan bogor ternyata terda­pat tempat wisata pemandian air panas yang banyak dikunjungi wisatawan untuk mereraksasi diri dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Letak pemandian air panas ini di Desa Ciparaay, Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor. Perjalanan menuju pemandian air panas Ciparay ini memakan waktu sekitar dua jam, tepatnya ke arah timur Bogor menuju Jasinga.

Tiba di pintu gerbang menuju Gunung Salak Endah, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp10 ribu untuk motor dan Rp30 ribu untuk mobil. Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas, pengunjung harus berjalan kaki menuruni 400 anak tangga yang dihiasi dengan suasana alam yang hijau. Inilah yang membuat pengun­jung senang kesini karena suasananya yang masih alami.

Memasuki lokasi pemandian air pa­nas Ciparay ini pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp4.000 per orang. Diantara wisata pemandian air panas di Bogor,hanya pemandian air panas Ciparay yang paling murah harga tiket masuknya.

Baca Juga :  PDAM Luwu Kabupaten Magetan Pelajari Sistem Layanan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor

Deretan pancuran yang terletak persis di samping sungai, di udara terbuka, tan­pa penutup, seperti layaknya suasana pe­mandian alami di pedesaan. Kepulan asap Air Panas Ciparay ini menandakan suhu air yang cukup tinggi yang mengalir tanpa henti melalui pancuran-pancuran bambu ini. Suasana yang hijau teduh dan tenang di sekeliling pancuran. Batuan yang be­rada di aliran sungai ini warnanya terlihat agak putih kekuningan, yang tampaknya disebabkan oleh kandungan belerang yang mengalir dari Air Panas Ciparay.

Di sebelah kiri kolam air panas Ciparay yang terbuka ini, terdapat beberapa kamar mandi air panas yang tertutup. Jembatan bambu Air Panas Ciparay yang melintas Sungai Cikuluwung. Buih air Sungai Ci­kuluwung yang jernih, membuncah tiada henti ketika jatuh menumbuk bebatuan. Panorama sepanjang sungai serta lingkun­gan yang asri, memberi kesan tersendiri bagi pengunjung Air Panas Ciparay

Baca Juga :  Rusia Waswas Ukraina Gunakan Roket Amerika

Untuk pengunjung yang ingin makan, banyak warung-warung sekitarnya juga menyediakan berbagai macam makanan ala sunda serta kopi, teh manis, indomie rebus, bakso dan makanan lainnya yang bisa dinikmati sambil duduk-duduk diatas saung. Saung disini disewakan penduduk sekitar untuk para pengunjung dengan tarif Rp30 ribu untuk saung terbuka, se­mentara saung yang tertutup disewakan seharga Rp50ribu.

Tidak hanya disewakan untuk sekedar duduk-duduk dan makan-makan, saung jenis tertutup ini juga disewakan bagi pen­gunjung yang hendak menginap dengan tarif yang bervariasi mulai Rp100-300 ribu per kamar. (*)