alfian mujani 240BACALAH kisah orang-orang besar yang kemuliaannya diabadikan sejarah. Mereka pasti adalah orang -orang yang sangat menghargai, menyayangi dan mencintai orang-orang kecil, orang-orang tertindas atau orang-orang yang hancur hatinya tergilas persaingan hidup. Orang kecillah yang mengangkat mereka menjadi orang besar.

Baca juga kisah orang besar yang ke­muliaannya terhapus dalam sejarah dan hilang dari ingatan manusia. Mereka pasti adalah orang-orang yang hanya menghargai orang be­sar, mendapatkan kemuliaan hanya karena di­angkat oleh orang besar yang dijilatnya, bukan oleh doa dan harapan orang-orang kecil.

Bacalah orang yang ingin menjadi orang besar namun tidak pernah berhasil menjadi orang besar walau hanya sebentar. Mereka pasti adalah orang-orang yang tidak pernah menghargai orang besar di zamannya, bah­kan iri hati dan dengki kepadanya. Baca juga kisah orang kecil yang tercatat sebagai pahla­wan kemanusiaan. Mereka orang-orang yang konsisten berbuat baik kepada sesama tanpa pamrih dari siapapun selain. Dia selalu tulus melakukannya. Dia adalah manusia yang ber­hasil memanusiakan manusia. (*)