BOGOR, Today – Mematangkan persia­pan Festival Pencak Silat Bogor Today Cup I – 2015, panitia pelaksana melakukan finalisasi venue pertandingan yang men­gambil lokasi di Botani Square Mall lantai dua. Selain itu, pendaftaran peserta pun telah dibuka selama sembilan hari mulai Selasa (1/9/2015) hingga Rabu (9/9/2015).

Persiapan yang dilakukan berupa fik­sasi panggung dan arena pertandingan yang nantinya bakal menjadi ajang para pesilat handal unjuk keindahan dan esteti­ka jurus pada masing – masing nomor per­tandingana yang dipertandingkan dalam fertival tersebut.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) PPM Jabar, Helmi Sutikno mengatakan bahwa festival yang menjadi ajang unjuk kebo­lehan pesilat handal yang ada di wilayah Jawa Barat ( Jabar) tersebut bakal terbagi dalam dua kategori, Penampilan Peroran­gan (Tunggal) Putra/Putri dan Penampilan Berkelompok (Regu) Putra/Putri dengan ketentuan golongan untuk putra/putri Usia Dini (Putra/Putri) 9-12 tahun, golon­gan Pra Remaja 12-14 tahun, Golongan Remaja 14-17 tahun, Golongan Dewasa 17- 35 tahun dan Golongan Pembina usia 35- 60 tahun.

Baca Juga :  Dua Desa di Kecamatan Sukajaya Diterjang Longsor, Satu Rumah Tertimbun

“Pembinaan merupakan kunci dalam mencetak atlet berprestasi. Begitu pun dalam cabang olahraga (cabor) beladiri pencak silat. Salah satu ponter dalam pembinaan adalah dengan meningkatkan skill, mental serta jam terbang pesilat me­lalui pertandingan. Itulah yang mendasari digelarnya festival beladiri ini,” katanya.

Dapat Respon Positif

Dikatakan Helmi, Festival Pencak Silat Bogor Today Cup I – 2015 mendapat re­spon positif di hari pertama pembukaan pendaftaran peserta. 57 Perguruan Silat (PS) yang ada di Bogor memberikan re­spon positif terhadap undangan yang di­layangkan oleh panitia.

“Sebelum pembukaan pendaftaran, kami sudah melayangkan surat undangan kepada seluruh PS untuk berpartisipasi dalam acara ini. Hari ini saya mendapat­kan banyak respon positif dan ketertari­kan dari PS-PS itu,” katanya sembari terse­nyum.

Lebih lanjut dikatakan Helmi, peny­elenggaraan kegiatan ini merupakan upa­ya bersama dari PPM Provinsi Jawa Barat dan koran harian BOGOR TODAY untuk memelihara dan mengembangkan pencak silat tradisi khususnya, umumnya pencak silat Indonesia. “Kita upayakan untuk memperbanyak volume kegiatan festival pencak silat untuk menunjang program pembinaan yang lebih intensif,” ujarnya.

Baca Juga :  Akhir 2022 Pemerintah Berencana Hapus Kartu E-Toll 

Helmi menuturkan, selain untuk mengembangkan pembinaan, momen ini juga merupakan upaya pembentukan tim pencak silat tradisi Jawa Barat dalam menghadapi Festival Pencak Silat di wilayah maupun tingkat nasional.

“Ini juga merupakan bentuk kepedu­lian PD PPM Jawa Barat dan koran harian BOGOR TODAY di Hari Olahraga Nasional, 9 September, sebagai bagian dari seman­gat untuk menumbuhkan dunia olahraga di Jawa Barat. Sehingga saya berharap para pesilat bisa aktif mengikuti festival ini,” tegasnya.

Peserta akan memperoleh Trophy Bergilir dari BOGOR TODAY dan Piala Tetap Ketua Umum Padepokan Sang Saka Buana Indonesia, Ketua IPSI Jawa Barat, Ketua Umum KONI Kota Bogor, Ketua IPSI Kota Bogor, Ketua PD PPM Provinsi Jawa Barat, Pengprov IPSI Jawa Barat, Pengcab IPSI Kota Bogor serta medali kejuaraan, piagam penghargaan dan hadiah hiburan lainnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)