haji-meninggal-130918cMAKKAH, TODAY — Jumlah calon haji dari In­donesia yang meninggal dunia di Makkah se­makin bertambah. Tercatat 2 September 2015 pukul 20.00 WIB, sudah 21 calon haji asal Indo­nesia wafat di Tanah Suci. Sehari sebelumnya, jumlah calon haji meninggal baru 16 orang. Artinya ada penambahan 5 orang calon haji.

Kepala Sub-Bagian Informasi Haji Direktor­at Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Affan Rangkuty men­gatakan, sebanyak 19 calon haji meninggal di Madinah dan dua orang lainnya me­ninggal di Makkah. Kebanyakan dari mereka meninggal akibat serangan jan­tung dan faktor usia. Sehari kemarin, empat calon haji meninggal. Tiga dari mereka meninggal di Madinah, yakni Suherman Agus, 63 tahun, kloter PDG-5; Marnis Rikin Sirih (66) kloter BTH-7; dan Sa’adiyah Sulaiman Lindungan (65) kloter BPN-5. Satu calon haji lain yang meninggal adalah Hamdah binti Abu Bakar (53) kloter JKG-4 di Makkah.

Baca Juga :  PB-X450 Bantu Warga Sakit dan Anggota yang Terkena Musibah

Data Kementerian Agamana me­nyebutkan, 13.963 atau hampir sepuluh persen dari total jamaah haji reguler asal Indonesia tiba di Makkah, Arab Sau­di. Mereka langsung melakukan umrah qudum atau kedatangan setelah tiba di Kota Kelahiran Nabi Muhammad ini.

Jamaah haji Indonesia semakin mu­dah mendapatkan akses peristirahatan di Kompleks Masjidil Haram. Sebagian berada di masjid sebelum Shalat duhur, kemudian bertahan hingga shalat maghrib. Ada pula yang memilih be­rangkat ke masjid sebelum waktu Ashar dan pulang setelah Isya.

Baca Juga :  Ditendang Suami Nasabah yang Menunggak Iuran Pinjaman Koperasi, Gigi Penagih Utang Copot

Para jamaah aji Indonesia biasan­ya dikenali dari tas selempang ber­warna biru muda atau biru tua. Untuk menunggu waktu shalat berikutnya, mereka duduk sembari bercengkrama dengan anggota rombongannya. Ada pula yang mengaji.

Kepala Seksi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Makkah, Reza Muhammad Marzal, menyebutkan 13.963 jamaah haji asal In­donesia tiba di Makkah hingga Rabu (2/9) pukul 17.00 Waktu Arab Saudi (WAS). “Mereka terbagi dalam 35 kloter,” ujarnya.

Sementara itu, pemberangkatan ja­maah haji Indonesia gelombang kedua akan dimulai pada Jumat (4/9/2015) ini. Jamaah haji akan bertolak dari Tanah Air langsung menuju Bandara Internasi­onal King Abdul Aziz, Jeddah, kemudian dibawa ke Makkah.

(Yuska Apitya Aji)