alfian mujani 240KETIKA seseorang meraih sukses, ce­rita getir kegagalan masa lalu menjadi kisah indah yang selalu diceritakan dengan suka cita. Padahal, ketika kegetiran terjadi, tangis dan jeritan hati menjadi sesuatu yang mengiris setiap waktu. Bahkan menjadi gerbang keputusasaan. Kesimpulannya, meraih sukses itu tidak mudah.

Lalu, orang-orang sukses itu bercerita tentang tips menuju sukses. Boleh-boleh saja orang berbagi pengalaman jalan hidup, walau orang sukses itu sejatinya tidak tahu persis mengapa mereka menjadi sukses. Banyak juga sahabatnya dalam bidang yang sama dengan pola manajemen yang sama, tapi tak berbuah sama. Maka, mereka hanya melogikakan pengalamannya sendiri, me­nyesuaikan dengan teori sukses yang sudah banyak dibukukan dan dikisahkan.

Jarang sekali orang sukses yang men­ceritakan kesuksesannya dengan berkata begini: “Saya tidak paham mengapa saya su­dah sampai pada posisi seperti ini, semen­tara saya menjalani hidup secara biasa-biasa saja. Ini sungguh hanya karena kehendak Allah, Tuhan penguasa jagat raya, bukan ka­rena usaha saya.” Bagi Allah semuanya mu­dah: Kun fayakuun…!