IMG_1205Pada gelaran turnamen Piala Kemerdekaan, babak semifinal rencananya akan digelar pada 8 dan 9 September, sementara laga final dihelat tiga hari kemudian. Sedangkan kompetisi reguler masih belum ada kejelasan kapan akan se­cara resmi mulai digulirkan.

Memang, tim Transisi PSSI beren­cana menggelar kompetisi reguler untuk tim-tim Divisi Utama pada No­vember medatang. Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah rencana itu bisa dieksekusi tepat waktu. “Jadi, kami berharap ada kepastian terkait kompe­tisi reguler untuk musim depan,” ujar Hendro Ismiarso, manajer PS Mojoker­to Putra, kemarin.

Mantan pengurus KONI Kabupaten Mojokerto ini menyebutkan, harapan mereka agar kompetisi Divisi Utama harus segera bergulir itu, akan mereka sampaikan ketika pertandingan final Piala Kemerdekaan digelar.”Kebetulan saat pertandingan final nanti semua manajer tim-tim peserta Piala Ke­merdekaan juga diundang,” lanjut pria berusia 59 tahun itu.

Hal senada juga disampaikan oleh pelatih Yahukimo FC Achmad Rifai. Dia berharap, semangat tim-tim Divisi Uta­ma untuk berkompetisi ini harus bisa ditangkap oleh Tim Transisi. “Karena bukan hanya 24 klub yang berlaga di Piala Kemerdekaan saja, tapi ada ban­yak klub yang berharap ada kompetisi reguler. Semangat besar ini yang har­usnya bisa dimaksimalkan,” lanjutnya.

Asisten manajer Persekap Pasuru­an, Suhaimi juga menungkapkan hal yang sama. Menurutnya, meski belum mendapat undangan resmi dari Tim Transisi untuk bisa menghadiri laga fi­nal Piala Kemerdekaan, namun sesama tim peserta Piala Kemerdekaan telah memiliki semangat yang sama untuk sama sama membangkitkan kompetisi Divisi Utama.

“Antara sesama manajemen kami terus saling berkomunikasi. Dan, kami akan sama-sama mendorong Tim Tran­sisi untuk mempercepat kompetisi reg­uler Divisi Utama,” ucap Suhaimi.

Dalam perkembangan yang sama, Cheppy T Wartono salah satu anggota Tim Transisi PSSI menyatakan, mereka belum memiliki ageda terdekat untuk bertemu dengan tim tim peserta Piala Kemerdekaan. Apalagi sampai dengan isu pembahasan kompetisi Divisi Uta­ma musim depan.”Belum ada agenda apa apa, kami masih fokus untuk pelaksanan laga final saja dulu,” ujar Cheppy.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]