Untitled-13BOGOR TODAY – Kepolisian Polres Bogor Kota menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kapolsek dan Kasat Intelkam Polres Bogor Kota di Mako Polres Bogor Kota (Mapolresta), Ja­lan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (22/09/15).

Kapolresta Bogor AKBP Irsan mengatakan bahwa pergantian dan rotasi tersebut berdasarkan surat telegram rahasia (TR) Keputusan Ka­polri Nomor Kep/785/IX/2015 yang dikeluarkan, Jumat (11/09/15) lalu, yakni mengenai mutasi jabatan se­cara bersama dengan 326 menengah Polri yang tersebar di seluruh Indo­nesia.

“Ini adalah formasi kerja yang saya harapkan dan meminta agar kualitas pelayanan kepada masyarakat lebih baik dan seman­gatnya pun ditingkatkan. Dan kita akan evaluasi kinerjanya setiap bu­lan,” katanya.

Menurut Irsan, kedepannya pola komunikasi harus lebih diperbaiki, baik komunikasi ke dalam, maupun komunikasi keluar agar tidak terjadi miss communication dengan semua pihak terkait. “Pola komunikasi ke dalam, misalnya komunikasi dengan pihak Istana Bogor. Kayak kemarin ada Perdana Menteri Malaysia yang ke Istana tidak terjadwal, dan tidak ada pengawalan khusus VVIP. Nah itu yang harus lebih ditingkatkan lagi, semua harus terpola,” ujarnya.

Ritasi ini adalah promosi jabatan yang seluruhnya berasal dari ang­gota Polresta yang akan menjadi kapolsek dan hanya 1 kapolsek yang tidak dirotasi, yakni Kapolsek Bogor Barat Kompol Indrat Ningsih.

Baca Juga :  Waspadai Hepatitis Akut, Tingkatkan PHBS dan Galakan Germas

Kapolsek Bogor Tengah Kom­pol Christian Budhiono akan dipin­dahkan ke Sukabumi dan Kapolsek sebelumnya akan digantikan oleh Kasat Intel Polres Bogor Kota AKP Prasetyo, sedangkan Kapolsek Bogor Timur akan diisi oleh Kompol Didik Purwanto yang sebelumnya juga bertugas di Polda Jawa Barat.

Kapolsek Bogor Timur Kom­pol Wasino akan dimutasi menjadi Kapolsek Tanah Sareal, sedang­kan Kapolsek sebelumnya, yaitu Kompol Sukamto akan masuk pada bagian operasi. Kapolsek Bogor Se­latan Kompol Arif Gunawan akan digantikan oleh Kompol Nono Dar­sono yang sebelumnya bertugas di Polda Jawa Barat ( Jabar). Sedangkan kapolsek sebelumnya akan masuk ke bagian operasi.

Kapolsek Bogor Utara Kompol Indriana akan digantikan oleh Kom­pol Wijayanti yang sebelumnya ber­tugas di bagian operasi, kemudian Kompol Indriana akan dipindahkan pada bagian Anjak Perencanaan Pol­res Bogor Kota.

Tiga Polsek Masuk Kota

Selain itu, rencana naik statusnya Polres Bogor Kota men­jadi Polres Kota Bogor nampaknya dalam waktu dekat bakal teramini. Pasca pertemuan Irsan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refermasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Crhisnandi menjadi sinyal kuat untuk tahap nai­knya status Kepolisian Bogor Kota. Irsan mengatakan, di­rinya sudah berkoordinasi dengan pusat. Hasilnya, kata dia, bulan depan Menpan RB sudah turunk­an surat keputusannya. “Bulan depan Menpan RB turunkan surat keputusan untuk naiknya status Polres Bogor Kota menjadi Polres Kota Bogor,” ujar AKBP Irsan usai pimpin sertijab jajaran Kapolsek di Mako Muslihat, Selasa (22/9) sore. Irsan melanjutkan, naiknya status Polres Bogor Kota, tidak luput dari keberadaan Presiden RI Jokowidodo yang sering melakukan aktivitasnya di Kota Bogor. “Setelah naik status, akan ada penambahan Polsek dian­taranya, Polsek Kemang, Polsek Cio­mas, dan Polsek Sukaraja. Selain itu juga, bertambahnya kecamatan yang berda di Kota Bogor,” kata Irsan.

Baca Juga :  Favehotel Padjajaran Bogor Tambah Layanan Hiburan TV On-Demand Untuk Para Tamu

Lebih lanjut Irsan menuturkan, tentu dengan bertambahnya polsek, maka berdampak juga padaa wilayah kecamatan. Kata dia, yang pada awalnya Kota Bogor memiliki 6 Ke­camatan, kini bertambah 5 kecama­tan. “Awalnya 6 Kecamatan ditam­bah 5 lagi jadi total 11 Kecamtan. 5 kecamatan tersebut, dari tambahan 3 Polsek baru,” tambahnya.

Bertambahnya wilayah, masih kata Irsan, tentunya akan bertam­bah juga personil angotanya. Terda­ta saat ini, pihaknya memiliki 1200 anggota. “Renncananya ada sekitar 500 anggota tambahan lagi. 400 dari tambahan, sedangkn 100 ang­gota dari 3 Polsek baru tersebut,” ucapnya.

Diakhir pembicaraan, Irsan juga mengaku akan ada penambahan sat­uan khusus yang menjaga seputan Istana Bogor, atau berada pada ring 1. “Namanya satuan Optik, mereka bekerja untuk mengamankan dis­eputaran Istana Bogor dan Ring 1,” tandasnya.

(Rizky Dewantara)