DSC_0611Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menegaskan tak ikut campur dalam pelak­sanaan Piala Pahlawan. Mereka menegaskan bahwa BOPI bukanlah operator turnamen, yang bisa melaksanakan even semacam Piala Pahlawan.

“Piala Pahlawan ini bukan ide BOPI secara kelem­bagaan. BOPI sendiri bukanlah operator turnamen yang menggagas dan melaksanakan even,” ujar Sekre­taris Jenderal BOPI, Heru Nugroho.

Baca Juga :  Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat BOPI, Eddi Elison, sempat membeber adanya rencana pelaksanaan Piala Pahlawan. Meski telah disebutkan sebagai ide Panglima Kostrad, Edy Rahmayadi, turna­men ini kerap disalahpahami sebagai ide BOPI.

Turnamen ini sendiri rencananya bakal dihelat pada November mendatang, untuk memperingati Hari Pahlawan. Pada turnamen ini rencananya akan diadu antara empat semifinalis Piala Presiden dan empat semifinalis Piala Kemerdekaan.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan

Lebih lanjut, Heru kembali menegaskan bahwa BOPI -secara kelembagaan- tak akan terlibat dalam tur­namen. Mereka sebatas memberi rekomendasi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. “Tapi, secara kelembagaan, BOPI tidak akan terlibat dalam peny­elenggaraan turnamen,” tutupnya.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo | [email protected]