mazda-cx-4-koeru_concept_07.jpgBeberapa hari lalu, produsen otomotif asal Negeri Sakura itu kedapatan tengah menguji unit konsep dengan nama kode CX-4.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Di ajang Frankfurt Motor Show 2015, Mazda me­mamerkan satu mobil konsep terbaru bernama Koeru. Selang beberapa hari dipamerkan, produsen otomo­tif asal Jepang itu kedapatan tengah menguji model yang rencananya akan diberinama CX-4 di jalanan umum China. Dalam pengujiannya, Mazda menyamarkan lewat kamu­flase stiker hitam dan putih di seluruh bodinya.

Dari gambar yang berhasil diper­oleh, seperti dilansir laman Inautone­ws, Minggu (27/9/2015) Sport Utility Vehicle (SUV) crossover CX-4 terse­but sudah mendekati versi produksi massal. Tapi tidak disebutkan kapan Mazda akan mulai merakitnya di jalur produksi.

Kabarnya, CX-4 ini akan meng­gunakan platform SkyActiv seperti model Mazda terbaru lainnya yang sudah beredar di jalanan. Bahkan, menurut salah satu media otomotif China CX-4 ini akan memiliki dimensi sedikit lebih panjang ketimbang CX-5.

Bergerak ke desain interior, ren­cananya Mazda akan menyematkan sentuhan two-tone dan memiliki layar sentuh untuk menujang fitur hiburan yang disediakan. Sedang­kan motor penggeraknya dipastikan menggendong mesin 2.0-liter dan 2.5-liter naturally aspirated SkyActiv.

Meski belum jelas akan diproduk­si di negara mana, tapi menurut ber­bagai spekulasi menyebutkan CX-4 ini akan debut di Ghuangzhou Motor Show yang akan dihelat November mendatang dan dirakit pertama kali di pabrik FAW dan Mazda pada Maret mendatang.

”Koeru” adalah bahasa Jepang yang jika di-Indonesia-kan berarti ”melampaui” atau ”melebihi”. Maz­da meyakini model ini akan melebihi ekspektasi di tengah pasar crossover SUV yang semakin melambung di du­nia. (*)