Untitled-6BOGOR, TODAY – Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor harus bekerja keras kemarin, Jumat (18/9/2015). Pas­alnya ada empat lokasi kebakaran yang tersebar di dua kecamatan, yakni Ciampea dan Cibinong.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupat­en Bogor, Budi Aksomo mengatakan, kebakaran yang terjadi di Kecamatan Cibinong terjadi di kawasan Sentul, Pondok Rajeg dan PT Dasar Rukun. Sementara di Ciampea terjadi di Desa Benteng.

“Kalau yang di Cibinong itu areal lahan ko­song di Badan Informasi Geospasial (BIG),” ujar Budi saat dikonfirmasi, Jumat (18/9/2015).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, sedikitnya 30 hektar lahan di Bumi Tegar Beriman mengalami kebakaran sejak Juli hingga pertengahan Sep­tember di 13 lokasi.

Yakni Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Desa Gadog, Keca­matan Megamendung, Desa Putatnutug Keca­matan Ciseeng, dan Desa Tegalwaru, Kecamatan Ciampea.

“Kemarau banyak sekali kebakaran lahan. Kalau tahun lalu mah tidak ada kasus kebakaran lahan. Kebakaran yang paling besar itu terjadi di Desa Rabak, Rabu (16/9/2015) kemarin yang me­nyebabkan lahan kosong seluas 10 hektar terba­kar,” jelasnya.

Kebakaran lahan juga terjadi di Desa Gadog dan Desa Putatnutug Desa Tegalwaru yakni la­han milik warga yang terbakar berkisar 1 hingga 2 hektar.

“Kebanyakan, kebakaran terjadi akibat mem­buang puntung rokok sembarangan dan mem­bakar lahan yang biasa untuk ditanami kemba­li,” sambungnya.

(Rishad Noviansyah)