Untitled-2BOGOR, Today – Sekolah Alam Al-Giva Bogor bersama Forum Silaturahmi Orangtua, menu­larkan rasa kepedulian sosial kepada para murid dan anak-anaknya dengan melakukan penyembelihan hewan kurban. Semangat ber­bagi yang ditularkan ini sengaja dilakukan tak hanya sebagai bentuk pendidikan kepada anak, tetapi juga merupakan ajang silaturahmi seko­lah dengan keluarga dan orangtua siswa.

“Ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi yang tidak hanya mengajarkan anak untuk terbiasa peduli, memaknai iba­dah kurban dengan benar, sekaligus menjaga nilai ketakwaan,” ungkap Fatah Sugito, Ketua YayasanInsan Alam Mulia yang menaungi Sekolah Alam Al-Giva Bogor.

Baca Juga :  Kelompok Bogorkab42 Berikan Edukasi Virtual Meeting Kepada Masyarakat

Sekolah yang berada di jalan Parfi 3, Curug, Bogor Barat itu melaksanakan pemotongan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 6 ekor kambingdi halaman sekolah tersebut. Saat pemotongan hewan kurban, para siswa diajak belajar sambil bermain sambil mendengarkan kisah Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail melalui penuturan menarik dri Ririh, salah seorang guru di sekolah tersebut.

Usai pemotongan, anak-anak diajak untuk tutur membagikan hewan kurban untuk mena­namkan kepedulian. Daging kurban dibagikan kepada warga sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sosial sekolah tersebut, sekaligus menjadi tanda hadirnya SA Al-Giva di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :  SOLUSI ADANYA DIKOTOMI SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA

“Secara langsung atau tidak, ini meru­pakan penanaman nilai kepedulian, toleransi dan kepekaan terhadap lingkungan sosial bagi anak. Karenanya ini merupakan moment yang sangattepat,” tambah Sugito. Ia menambah­kan, masyarakat menjadi bagian yang tidak bisa dilupakandan ditinggalkan sebagai elemen yang turut membesarkan sekolah ini dengan membantu proses pendidikan yang berbasis alam dan lingkungan, sehingga kesempatan ini merupakanmomen penting untuk bersosialisasi dengan penduduk sekitar.

(Rifky Setiadi)