PALESTINA TODAY – Bendera Palestina akan berkibar untuk pertama kalinya di Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB di New York. Para pemimpin Palestina men­gatakan, itu akan merupakan hari yang pal­ing emosional dan membanggakan.

Beberapa waktu lalu, sidang majelis Umum PBB menyetujui keputusan untuk men­gibarkan bendera Palestina dan Vatikan. Israel menolak keputusan itu dan memprotesnya, bersama Amerika serikat dan enam anggota PBB lain. Para pemimpin Israel dan Palestina akan berbicara di sidang PBB pekan ini.

“Rasa bangga di kalangan rakyat Pal­estina begitu merasuk di hati ketika dunia mengambil keputusan dalam pemungutan suara yang bersejarah ini,” tulis Presiden Palestina, Mahmud Abbas di Huffington Pos, kemarin.

“Saya percaya, hari ketika bendera kami dikibarkan di antara masyarakat bangsa-bangsa di dunia, akan juga merupakan hari yang paling emosional dan membang­gakan,” kata dia.

Ia juga menyerukan penyelesaian mul­tilateral bagi konflik Palestina-Israel. “PBB mesti memberikan kepada rakyat kami, leb­ih dari sekadar harapan,” tandasnya.

Dalam pemungutan suara terkait ben­dera Palestina, 119 mendukung, sementara 45 negara memutuskan tidak ikut mengam­bil suara.

Duta besar Israel di PBB saat itu me­nyebut, langkah itu merupakan upaya terang-terangan untuk membajak PBB. Ia menandaskan, satu-satunya cara Palestina mencapai kedaulatan sebagai sebuah negara adalah dengan perundingan langsung dengan Israel.

(Yuska Apitya/net)