SMNDA-Fest-(2)PUNCAK rangkaian acara SMANDA Fest 2015 kembalidigelar. Acara tahunan yang menampilkanberagam aksi seni ini, banyak dinantikan para pelajar. Serunya bintang tamu jadi daya tarik selain sebagai closing ceremony kompetisi ini.

Oleh: RIFKY SETIADI
[email protected]

SMA Negeri 2 Bogor terus memacu semangat berkompetisi di bidang akademik dan non akademik den­gan menggelar berbagai lomba bagi pelajar di tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se Kota dan Kabupaten Bogor. Rangkaian acara yang dikemas dalam SMANDAFEST 2015 ini rupanya berjalan dalam waktu yang cukup panjang. Tak tanggung-tanggung, rangkaian kegiatan tersebut sudah dimulai sejak 16 November 2014 dan ditutup dalam Pen­tas Seni SMAN­DAFEST 2015 yang akan di­gelar Sabtu (05/09/2015), besok.

Berbagai r a n g k a i a n acara sebelum­nya yang digelar yaitu D’Creation of KIR IPA SMANDA V I I I atau D’COOKIS yang merupakan kompetisi di bidang sains bagi siswa dan siswi SMP/MTs berupa Lomba Cepat Tepat, Lomba Eksperimen Sederhana dan Lomba Pembuatan Poster. “Kami ingin mem­biasakan dan memperkenalkan para pelajar di tingkat SMP untuk mulai dekat dengan ilmu pengetahuan alam, sehingga acara ini meru­pakan bentuk memotivasi pengetahuan pela­jar, bukan hanya pesta pelajar biasa,” ungkap Tiara Farchana, Ketua Panitia SMANDAFEST 2015.

Baca Juga :  ITB VINUS Sambangi DPRD Sampaikan Pengembangan SDM Berbasis Pendidikan

Selain itu, pelajar juga diajak untuk mel­atih kemampuan bahasa Inggris dalam The 4th English Competition Day yng merupakan kompetisi berbasis bahasa Inggris dari ekstr­akurikuler English Club di SMA Negeri 2 Bogor. Diawali dengan English Dfebate bagi para siswa dan siswi di sekolah tersebut, dilanjutkan dengan Speech Contest, Story Telling Contest dan Wall- Magazine Contest di akhir Januari 2015 lalu. “Ini merupakan kreativitas men­golah bahasa dan melatih siswa agar memiliki kemampuan komunikasi yang baik,” jelas Tiara.

Sisi kemanusiaan juga tak diting­galkan dalam rangkaian acara itu den­gan menggelar Abdi Karya Asih (AKAS) SMANDA XVIII yang masuk ke dalam agenda Walikota Bogor. AKAS mem­pertandingkan banyak cabang keterampilan Palang Merah Remaja (PMR) jenjang Madya atau SMP/Mts dan Wira atau jenjang SMA/MA dengan mengusung tema “Kepalangmerahan Tanamkan Prestasi (KTP)” dengan mata lomba Cepat Tepat, Pertolon­gan Pertama, Ketangkasan Tandu dan Pas­ang Bongkar Tandu, Perlombaan Pendidikan Remaja Sebaya, Perlombaan Poster Kepalang­merahan dan Perlombaan Fotografi Kepalang­merahan.

Sisi akhlak dan keagamaan juga diasah dalam rangkaian ini dengan menggelar SMAN­DA Islamic Competition yang merupakan agenda pertama kali tahun ini. Agenda acara bernama SMANDA Islamic Competition atau Musabaqoh Al-Islamiyah fi SMANDA ini mem­perebutkan Piala Departemen Agama Republik Indonesia dan digelar oleh Dewan Kemakmu­ran Masjid (DKM) Ath-Thoyyibah dengan OSIS/ MPK. Mata kegiatan ini mengangkat tema ‘Be­coming A Smart Moslem for Best Generation” berupa lomba cerdas cermat Agama Islam, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) dan lomba Pi­dato, MTQ, Marawis serta Kaligrafi.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kota Bogor Datangi SDN Otista yang Ambruk

Sebagai penutup, akan digelar Greenanger for Street Kids yang digelar tim Adiwiyata SMA Negeri 2 Bogor dengan mengajarkan langsung kepada anak jalanan tentang pentingnya ling­kungan hidup. Selain itum juga akan dibagi­kan bibit pohon bagi anak-anak tersebut. “Ini­lah salah satu alasan mengapa SMADAFEST tahun ini mengangkat tema ‘Glow in The Green’, karena semangat ini kami dedikasikan untuk lingkungan sekitar, baik pelajar maupun ma­syarakat,” tegas Tiara. Puncak prestasi ini akan dimeriahkan dengan berbagai acara kreatif dan seru di panggung SMADAFEST 2015 pada Sabtu (05/09/2015) mulai pukul 10.30 di Kampus SMA Negeri 2 Bogor, Jl Keranji Ujung I, Budi Agung, Bogor. So, saksikan serunya acara tahun ini.