alfian mujani 240WARNA putih tak sela­lu indah dan berkono­tasi cantik. Hitam tak selalu jelek dan berkonotasi menakut­kan. Kain kafan selalu berwarna putih, tetapi dilihat dengan penuh menakutkan. Semen­tara ka’bah berwarna hitam, dilihat dengan penuh kekaguman. Kesimpulannya, tampilan luar itu bukan uku­ran kemuliaan dan kebaikan.

Pakar psikologi positif sering berbicara tentang makna kehidupan. Menurut mere­ka, apa yang manusia dapatkan dan miliki tidaklah cukup menjadikan mereka itu baha­gia. Kebahagiaan sesungguhnya akan diraih ketika yang mereka dapat dan dimiliki ber­dampak positif bagi orang lain, bermakna bagi orang banyak.

Orang berilmu tapi pelit berbagi penge­tahuan dengan orang lain, menghindar ketika ditanya seseorang padahal ilmu dan jawa­bannya dibutuhkan sekali, orang semacam ini pasti sakit jiwa. Sama dengan orang kaya namun tak pernah berbagi dengan orang fa­kir miskin di sekelilingnya, dalam agama disebut bakhil. Orang ini sangat dibenci manusia dan tidak disukai Allah. Pejabat yang tidak pernah berbuat untuk kemaslahatan orang lain, itu pasti pejabat khianat. Mereka tam­pak hebat dan mulia, tetapi adzablah yang menanti mereka.