Untitled-5TOKYO, Today – Perselisihan antara Suzuki Motor Corpora­tion dengan Volkswagen (VW) sudah berakhir. Suzuki berhasil mendapatkan kembali 19,9 pers­en sahamnya dari VW. Kali ini, produsen otomotif asal Jepang itu menjual 1,5 persen saham Volkswagen kepada Porsche Au­tomobili Holding SE.

Saham sebesar 1,5 persen itu seperti diberitakan reuters, Senin (28/9/2015) terdiri dari 4.397.000 lembar dan proses transaksinya akan dilakukan mu­lai 30 September atau saat trans­fer pembukuan Porsche. Nilain­ya mencapai 36,7 miliar yen.

Setelah proses transfer sele­sai dilakukan, maka kepemilikan saham VW oleh Porsche menin­gkat menjadi 52,2 persen. Sebe­lumya, Suzuki menggelontorkan dana US$ 3,9 miliar atau setara dengan Rp 56,4 triliun untuk membeli sahamnya kembali (buy back) dari VW.

Belum dijelaskan apa yang akan dilakukan oleh kedua pro­dusen otomtoif ini. Suzuki dan Porsche bisa saja bekerjasam tu­kar teknologi seperti dalam per­janjiannya dengan VW beberapa tahun lalu. Tapi karena perselisi­han, transfer teknologi itu pun tidak dilakukan.

(Adil | net)

============================================================
============================================================
============================================================