Sergio-Aguero6MANCHESTER City menyambut laga perdana penyisihanGrup D Liga Champions 2015- 2016 melawan Juventus dalam kondisi minus. Pasalnya, lini depan The Citizens agak pincang setelah Sergio Aguero diragukan tampil akibat menderita cedera lutut.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Pertemuan dua tim besar den­gan nasib berbeda di awal musim. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan pertemuan Manchester City dengan Juventus di Etihad Sta­dium, Rabu (16/9/2015) tengah pekan ini.

Ya, nasib berbeda memang dialami kedua tim di awal musim ini. Bila Manchester City mampu mendominasi di lima laga awal Premier League den­gan lima kemenangan dan tak pernah kebobolan, nasib berbe­da dialami Juventus. Berstatus juara bertahan Serie A, Bianco­neri justru terpuruk karena dua kekalahan dan sekali seri tanpa kemenangan di tiga laga awal Serie A.

Dari tim tuan rumah Man­chester City. Anak asuh Manuel Pellegrini jelas ingin melanjut­kan tren positif mereka di liga domestik itu berlanjut di Liga Champions saat bertemu Juven­tus. Kemenangan sendiri akan membuat target City untuk lo­los ke babak knock out semakin besar.

Modal untuk mewujudkan target tiga poin ini dimiliki oleh The Citizens. Selain bermain di kandang sendiri, City juga bisa memainkan tim terbaiknya.

Nama-nama seperti Joe Hart, Vincent Kompany, Yaya Toure dan juga Raheem Sterling merupakan jaminan kekuatan City. Belum lagi nama Kevin de Bruyne dan Nicolas Otamendi yang baru didatangkan musim panas ini, akan membuat City semakin diunggulkan untuk meraih kemenangan.

Minus Sergio Aguero yang masih belum bisa dipastikan bermain setelah cedera mela­wan Crystal Palace, dan juga David Silva yang cedera engkel ringan, skuat City musim ini lebih dari cukup untuk mem­berikan kesulitan bagi Bianco­neri. Posisi Aguero sendiri bisa digantikan oleh Wilfried Bony ataupun Kevin de Bruyne yang pada pertandingan debutnya bermain baik di belakang Bony, sementara posisi David Silva bisa diserahkan kepada Samir Nasri.

Bagaimana dengan Juven­tus? Banyak sudah analisis yang membahas tentang hasil buruk dari juara empat edisi terakhir Serie A itu. Mulai dari kepergian para pemain anda­lan seperti Andrea Pirlo, Ar­turo Vidal hingga Carlos Tevez, hingga analisis yang menyebut Massimiliano Allegri belum bisa menyatukan pemain lama dengan pemain baru di tim Bi­anconeri.

Namun cerita berbeda bisa saja diukir oleh Paul Pogba dkk di Liga Champions. Berstatus sebagai runner up Liga Cham­pions musim lalu, Bianconeri jelas ingin melanjutkan hasil mengejutkan musim lalu saat mereka menembus final.

Namun tugas itu tak akan mudah. Selain bermain di kandang lawan, Juventus juga kemungkinan besar tak akan diperkuat gelandang andalan­nya, Claudio Marchisio. Nama terakhir itu kembali berma­salah dengan ototnya setelah hanya bermain 45 menit la­wan Chievo. Ironisnya, laga itu merupakan laga pertama Marchisio musim ini usai men­galami cedera.

Meskipun begitu Manches­ter City dipastikan tak akan menganggap enteng Si Nyo­nya Tua. Dalam skuat Juventus masih ada nama-nama seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiel­lini, Patrice Evra, Hernanes dan juga pemain baru yang tengah bersinar, Paulo Dybala.