Untitled-13Rumah yang memiliki nuansa segar dan alami pasti menjadi dambaan setiap orang. Oleh karenanya banyak dari mereka yang merenovasi rumah dengan berbagai kelengkapan seperti taman dan kolam renang, agar huniannya terlihat serta terasa lebih nyaman. Tidak hanya tipe rumah dengan ukuran besar, akan tetapi kolam renang juga bisa dibangun dalam sebuah hunian minimalis.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Membuat kolam renang di dalam rumah me­mang memerlu­kan space yang cukup luas. Maka dari itu, kelengkapan tersebut biasanya hanya dimi­liki oleh rumah-rumah besar. Namun jika disiasati, tidak menutup kemungkinan bah­wa rumah minimalis juga bisa memiliki fasilitas yang satu ini. Berikut beberapa tips un­tuk membuat sebuah kolam renang pada rumah minima­lis.

Tentukan Space

Dibutuhkan pengamatan dan ide cemerlang sebelum membuat kolam renang pada sebuah rumah minimalis. Se­jumlah tempat seperti bagian belakang rumah, sudut rumah, bahkan sebuah ruangan ko­song bisa dimanfaatkan atau dialihfungsi menjadi sarana olahraga yang satu ini. Sebai­knya, letak kolam renang juga tidak begitu jauh dari kamar mandi.

Tentukan Layout

Setelah tersedia lahan un­tuk kolam renang, maka anda harus membuat sketsa ben­tuk dari kolam renang yang diinginkan. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan bentuk persegi panjang dengan uku­ran sesuai space yang terse­dia. Namun jangan lupa sisa­kan sedikit bagian di setiap sisinya untuk digunakan seba­gai jalan sekeliling kolam. Jika masih adaspace lagi, hadir­kan kursi untuk berjemur dan meja kecil.

Tentukan Tema

Tema yang dimaksud disini adalah mengenai hal apa saja yang sebaiknya ter­dapat di sekitar kolam re­nang. Apakah anda ingin tema yang polos sehingga hanya ada kolam dan lantai ubin disekitar kolam, atau tambahan sedikit tanaman dan pot bunga meninggi di setiap sudut untuk menam­bah nuansa kolam renang lebih alami.

Buat Pintu Pemisah

Jika kolam renang diban­gun dalam rumah minimalis, kolam tersebut harus memiliki pintu pemisah. Hal ini perlu dilakukan demi faktor kea­manan. Sebab akan sangat membahayakan apabila anak-anak bermain dekat kolam tanpa pengawasan.

Perbanyak Jendela

Memperbanyak jendela kaca bening di sekeliling area kolam renang diperlukan un­tuk menambah kesan nyaman. Pemandangan ke luar rumah ataupun ke dalam ruangan kolam renang itu sendiri mem­buat suasana menjadi lebih segar dan relax.

(INF/Apri)