HL---BasukiBOGOR, To­day – Komite Olahraga Nasi­onal Indonesia (KONI) Kota Bogor meminta kepada atlet berprestasi asal Kota Bogor un­tuk tetap loyal membela Kota Hujan di ajang Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018 mendatang. Me­nyusul kekecewaan para atlet ter­hadap Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Para atlet kecewa usai diberi­kan angin surga oleh Pemkot Bogor akan diberikan pekerjaan yang layak dan rumah tinggal di rumah susun sederhana sewa (Ru­sunawa) di Cibuluh, namun janji tersebut urung terealisasi.

Ketua Umun (Ketum) KONI Kota Bogor Basuki meminta ke­pada seluruh atlet yang berhasil menyumbangkan medali di ajang Porda Jabar XII/2014 lalu, tidak ke­luar untuk membela Kota Bogor.

”Saya sudah tekankan kepada semua cabang olahraga (cabor) agar jangan sampai atletnya me­nyeberang atau keluar membela daerah lain. Saat ini Pemkot se­dang memperjuangkan mencari celah dan memang saat ini masih belum direalisasikan,” katanya.

Menurut Basuki, sebenarnya Pemkot Bogor sudah menawarkan kepada para atlet untuk menem­pati Rusunawa di Cibuluh sebagai pengganti pekerjaan di Badan Us­aha Milik Daerah (BUMD), namun diakuinya saat ini belum ada yang mendaftar diri.

”Ya memang belum ada yang daftar, tetapi saya menyarankan kepada para atlet untuk tetap bisa semangat dalam mengharumkan Kota Bogor ke depannya,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bo­gor Usmar Hariman menyebut­kan, berdasarkan data dari KONI kota Bogor, ada 29 atlet dari ber­bagai cabang olahraga direkomen­dasikan menempati Rusunawa.

Ke 29 atlet tersebut, kata Us­mar, adalah mereka yang meraih prestasi terbaik pada PORDA XII Jawa Barat 2014 sehingga menem­patkan Kota Bogor berada di po­sisi lima besar dengan raihan 39 emas, 37 perak dan 55 perunggu.

Ditambahkan Usmar, Pemkot saat ini akan membagi kategori atlet berprestasi yang berhak mendapatkan fasilitas dan akan dimulai dari atlet berprestasi yang mendapatkan emas terlebih da­hulu. ”Mudah-mudahan secara bertahap bisa semua atlet akan mendapatkan fasilitas dan dispen­sasi,” tuturnya

Selain itu, Pemkot Bogor ber­janji akan memberikan fasilitas dan dispensasi saat mengikuti berbagai event kejuaraan atau kompetisi.

“Pokoknya, kita akan berikan surat dispensasi bagi atlet yang kerja ataupun masih sekolah. Se­hingga pekerjaan dan pendidikan dapat berjalan seiring dengan prestasi,” pungkasnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)