Untitled-3Buah dan sayuran sudah pasti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi banyak yang belum tahu jika ada beberapa buah dan sayuran di dunia ini yang manfaatnya sesuai kemiripan bentuk dengan organ tubuh manusia.

Oleh : LATIFA FITRIA
[email protected]

Seperti beberapa buah dan sayuran yang dibawah ini :

Wortel

Irisan wortel ternyata sangat mirip sekali dengan bentuk mata kita, bahkan pola garis radialnya pun mirip! Beta caroten, yang menghasilkan warna orange cerah pada wortel sudah terkenal mampu menjaga ke­sehatan mata, menjaga kesehatan otot-otot mata, serta menjaga mata dari katarak.

Ubi

Ubi ternyata sangat berguna bagi kesehatan pankreas karena ubi menyetabilkan tingkat gula darah. Ubi juga mengandung vitamin B6 yang tinggi, studi menunjukkan vitamin B6 ini mampu menghambat pertumbuhan kanker pancreas.

Kacang Walnut

Bentuk kacang walnut yang sekilas mirip dengan bentuk otak manusia ternyata sesuai dengan kegunaannya. Walnut mengandung omega-3, antioksidan, asam folat (vitamin B9), yang kaya kandungan vitamin E lebih banyak dari jenis kacang lainnya.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

Jeruk

Buah jeruk, grapefruit lemon, dan jenis sitrus lainnya berbentuk mirip dengan kelenjar susu pada payudara wanita. Menurut dr. Moulavi, jenis sitrus mengandung zat yang disebut limonoids, yang menunjukkan kemampuan menghambat perkembangan kanker pada hewan dan sel payudara wanita.

Jahe

Kalau kita mual, orang tua sering menyarank­an kita makan jahe, betul? Jahe sepintas mirip dengan lambung manusia. Ternyata itu sesuai dengan manfaatnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Jahe sudah lama dikenal sebagai zat pengobat bagi keluhan perut. Kandungan Gingerol di dalamnya memberikan rasa dan bau yang kuat. Jahe telah masuk dalam database USDA phytochemicals sebagai obat bagi rasa mual dan muntah.

Seledri

Betapa miripnya seledri dengan tulang, dan memang seledri bermanfaat untuk menguat­kan tulang. Seledri mengandung senyawa silikon alami yang merupakan salah satu penguat tulang. Ada pula kemiripan yang lain, seledri dan tulang ternyata sama-sama mengandung hampir 23 persen sodium.

BACA JUGA :  Ibu Menyusui Harus Tahu! Ini Dia Efek Samping Jika Bayi Kurang ASI

Alpukat

Buah alpukat berbentuk mirip dengan rahim. Alpukat bisa menyeimbangkan hormon dan mencegah kanker serviks. Uniknya, buah alpukat juga membutuhkan waktu sekitar 9 bulan sejak bunga mekar hingga masa panen.

Jamur

Jamur yang diiris ini mirip sekali dengan daun telinga bukan. Jamur mengandung vi­tamin D yang sangat berguna untuk menjaga kemampuan pendengaran.

Anggur

Anggur terlihat sangat mirip dengan alveoli dalam paru-paru. Dari alveoli inlah oksigen disalurkan dari paru-paru ke dalam darah. Anggur juga terbukti mengurangi resiko kanker paru-paru. Biji anggur mengandung zat kimia bernama proanthocyanidin, yang dapat mengurangi efek alergi asma.

Tomat

Serat-serat pada tomat mirip sekali dengan jaringan jantung. Tomat mengandung liko­pen yang merupakan sumber vitalitas darah dan jantung. Ini berarti mengkonsumsi tomat dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu kansungan vitamin C nya sangat tinggi bagus untuk immun tubuh.

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR