WASHINGTON TODAY – Suasana ki­kuk terasa ketika pertemuan terjadi antara Presiden Rusia Vladimir Pu­tin dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Seperti saat keduanya harus berjabat tangan di depan media sebelum berdialog di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB. Tak hanya ber­salaman, keduanya juga bersulang saat jamuan makan siang.

Obama dan Putin menggelar perte­muan bilateral guna membahas sejum­lah isu di sela-sela menghadiri Sidang Majelis Umum PBB di New York. Perte­muan yang digelar Senin (28/9) waktu setempat ini awalnya dijadwalkan ber­langsung selama 1 jam, namun ternyata molor hingga 1,5 jam atau 90 menit.

Dilaporkan media AS, ABC News, Selasa (29/9/2015) bahwa pertemuan bilateral Obama-Putin ini merupakan pertemuan resmi pertama dalam 2 ta­hun terakhir. Pertemuan ini membahas krisis Suriah dan berujung perbedaan pendapat soal peran Presiden Bashar al-Assad dalam penyelesaian konflik Suriah.

Kepada wartawan, Putin menutur­kan bahwa dialog dengan Obama san­gat konstruktif dan lugas. Sedangkan Obama tidak memberikan tanggapan. Seorang pejabat senior Gedung Putih menuturkan kepada wartawan bahwa pertemuan Obama dan Putin berlang­sung produktif, fokus dan lugas.

Namun, yang menjadi perhatian ial­ah momen ketika Obama dan Putin ber­jabat tangan di depan media sebelum mengelar pertemuan tersebut. Ked­uanya berjalan tidak bersisian ketika memasuki ruangan sesi foto. Putin ber­jalan agak di depan, sedangkan Obama mengikuti di belakangnya.

Begitu tiba di panggung untuk sesi foto, gerak tubuh Obama dan Putin ter­lihat kaku. Ini terlihat jelas dalam be­berapa foto yang dijepret sejumlah me­dia. Obama yang pertama menjulurkan tangan kanannya untuk menyalami Pu­tin. Kemudian keduanya berjabat tan­gan dan terdiam dalam pose ini selama beberapa detik, sementara wartawan sibuk mengabadikannya.

Tidak ada komentar yang diucapkan kedua kepala negara saat sesi foto. Usai berfoto, Obama dan Putin bergegas menu­ju ruangan khusus untuk pertemuan bi­lateral. “One of shortest POTUS photos ops ever. Walk in, shake hands, walk out. 13½ seconds,” kicau wartawan CBS News, Mark Knoller yang hadir saat foto sesi.

Ketegangan juga terlihat saat Obama dan Putin saat menghadiri undangan makan siang Sekjen PBB Ban Ki-moon. Obama dan Putin sempat saling bersu­lang tapi tetap saja ekspresi wajah dan sikap tubuh keduanya tak bisa menu­tupi kekikukan di antara mereka.

(Yuska Apitya/net)