Untitled-2TANGERANG, Today – Selama 11 hari penyelenggaraan Gaikindo In­donesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap telah mendapat­kan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sekitar 500 unit. Jumlah itu lebih sedikit dari pencapaian di pa­meran tahun lalu, saat Indonesia In­ternational Motor Show 2014.

Di penutupan stan Suzuki di GIIAS, Minggu (30/8/2015), Mak­mur, 4W Marketing Director SIS, menjelaskan, faktor yang dirasa menjadi penyebab dilihat dari penu­runan industri otomotif secara kes­eluruhan.

Kondisi perekonomian yang dipengaruhi nilai tukar rupiah ter­hadap dollar Amerika Serikat yang melemah memengaruhi pembelian mobil. “Kalau lihat ekspektasinya tidak terlalu sesuai, kalau tahun lalu kita 860 unit. Jadi memang turun,” kata Makmur.

Meski tidak merinci porsi pen­jualan, Makmur mengatakan, Ertiga jadi penyumbang SPK terbesar. Ke­hadiran model facelift MPV 7-pen­umpang itu di GIIAS merupakan pertama kali di dunia, penyegaran desain bisa menguatkan kembali reputasinya di masyarakat.

(Adilla Prasetyo Wibowo)