Foto-HLBANYAK cara mengisi tahun baru Islam. Namun keluarga besar Dasa Semesta memilih cara sehat sambil beramal, sekaligus mendekatkan diri dengan alam ciptaan Tuhan. Ini menjadi cara unik yang digelar dalam lingkungan pendidikan.

Oleh: RIFKY SETIADI

Keluarga besar Yayasan Dasa Semesta (Yadasta) Bogor dan Yayasan Pendidikan Islam Darussalam (Yapida) Bogor menggelar jalan sehat bagi seluruh karyawan, para guru dan pegawai, dan tak ketinggalan para siswa dan siswi yang ada di lingkungan sekolah tersebut, yaitu SMK Dasa Semesta 1 Bo­gor, SMK Grafika Dasa Semesta Bogor, SMA Dasa Semesta Bogor, SMP Dasa Semesta Bogor dan Mts Darussalam Bogor pada Selasa (13/10/2015), lalu. “Acara ini dilakukan untuk membangun kekelu­argaan di yayasan, dalam peringatan Tahun Baru Islam ini kami berusaha merekatkan diri dalam kebersamaan. Tentu saja sebagai bagian dari pendidikan, kami berharap kegiatan ini menjadi sara­na agar senantiasa bersyukur,” ujar Ketua Yayasan Dasa Semesta, Emha Fitriana Tejawiani, SE.Ak.

Fitri juga mengungkapkan, jalan sehat ini juga merupakan refleksi perjuangan menegakkan agama Islam di muka bumi, se­hingga nilai yang ditanamkannya adalah kedekatan dengan alam sebagai ciptaan Tuhan serta melangkah penuh semangat diakhiri dengan beramal. Itulah sebabnya, sekitar 100 orang anak yatim piatu mendapat santunan berupa uang dan beras yang diserahkan di pos pemberhentian jalan sehat. “Pos kedua di daerah Pabuaran diberikan santunan bagi 50 anak, dan di pos akhir di Tanjakan Barat kita berikan juga 50 anak,” paparnya.

Ia menyebutkan, selain sebagai makna syukur, jalan sehat ini juga sebagai upaya mendekatkan diri keluarga besar yang ter­gabung dalam yayasan tersebut dengan masyarakat. Sekurang­nya 2000 orang terlibat dalam kegiatan jalan sehat ini. Peserta memulai jalan sehat dari Mts Darussalam, masuk ke arah Babakan Sirna, kemudian ke arah Kp. Pabuaran RT 01/06, Mulyaharja dan melintasi Pabuaran Pasir RT 01/10, kemudian menuju arah Cijeruk dan finish di lapangan Tanjakan Barat. Suasana hangat dan penuh keceriaan telah membawa semangat baru bagi kedua yayasan pendidikan di bawah binaan H. Hasan Zainal Abidin, EZ, SE, MM itu. Melalui kegiatan inilah para pelajar diajak untuk mendapat­kan kesehatan lahir dan bathin, sekaligus meraih rasa syukur.