Untitled-5BOGOR TODAY – Sedikitnya 200 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta di Kabupaten Bogor mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Dis­dik) Kabupaten Bogor.

Kemampuan seluruh program keahlian yang ada di SMK dilombakan untuk memacu keahlian siswa semua jurusan. LKS mulai digelar Selasa (27/10/2015) hingga Rabu (28/10/2015), lalu. Sementara pengumuman pemenang disampaikan di Lapangan Persikabo Cibinong, Kamis (29/10/2015).

Penyelenggaraan LKS tersebar di berbagai tempat sesuai bi­dang lomba. Salah satu sekolah yang dianggap layak sebagai tem­pat lomba yaitu SMK Taruna Terpadu 2 Bogor yang terpilih seb­agai tempat penyelenggara lomba di bidang Pemasaran.

“Kami memiliki fasilitas praktik pemasaran yang cukup leng­kap dan fasilitasnya mendekati kebutuhan pemasaran di masyara­kat,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Indsutri dan Humas, Abdul Khobir.

Bidang Pemasaran yang dilombakan antara lain keterampilan komputer, presentasi mulai dari perencanaan usaha hingga pen­capaian laba, praktik transaksi, operasional mesin Cash Register hingga mesin timbang digital.

Khobir menegaskan, penyelenggaraan LKS di sekolah-sekolah ini sangat penting untuk mendorong dan meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu ke­pada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bi­dang keahlian Marketing/Pemasaran di SMK.

“Melalui kompetisi ini, kita juga dapat memantau peta kuali­tas dan kemampuan SMK sekaligus mempromosikan keterampi­lan siswa SMK bidang keahlian marketing atau penjualan kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja,” terangnya.

Tahun ini, LKS di bidang Jasa Boga diraih oleh SMKN 1 Bojong Gede yang berhasil menempati Juara 1 dan 2, masing-masing den­gan nilai 87 dan 85. Sementara SMK Taruna Terpadu 2 berada di posisi ketiga dengan raihan nilai 81. Sedangkan di bidang Pemasa­ran, Juara 1 diraih oleh SMK Pelita Ciampea, Juara 2 SMK Triple J Citeureup dan Juara 3 kembali dimenangkan oleh SMK Pelita Ci­ampea.

Berbagai bidang yang dilombakan dalam event tahunan itu antara lain Web Design, Technical Support, Animasi, Aplikasi Elektronika, Administrasi Perkantoran, Penjualan, Akuntansi, Akomodasi Perhotelan, Pelayanan Restoran Usaha Jasa Pari­wisata, Tata Boga (Food Product), Las (Welding), Otomotif, Me­sin Produksi, Intalasi Listrik, Komputer Cadd, Auto Cad Building, Joinery (Perkayuan), Brick Laying, Wall and Floor Tilling, Cabinet Making, Grafik Design Techology dan lain-lain. Dari tingkat Kabu­paten, para pemenang akan dikirim ke tingkat provinsi Jawa Barat hingga tingkat nasional.

“Meski SMK Taruna Terpadu 2 menjadi tuan rumah, tetapi kami sangat bangga sebab penilaian dilakukan secara objektif dan ini menjadi masukan yang sangat berharga bagi sekolah kami,” kata Khobir.

LKS juga merupakan upaya dari Kementrian Pendidikan Re­publik Indonesia dalam memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif dan menumbuh­kan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga ke­banggan bagi sekolah di tingkat daerah dan provinsi. (*)