Untitled-5Mazda Motor Corporation bakal memulai produksi sport utility vehicle (SUV) kompak, Mazda CX-3 di Thailand. SUV kompak tersebut akan diproduksi di pabrik Auto Alliance (AAT) di Rayong, Thailand

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Seperti dilansir Carscoops dan Autoevolution, Selasa (27/10/2015), crossover ke­cil tersebut sebelumnya diproduksi di pabrik uta­ma Mazda di Hiroshima, Jepang. Namun, nantinya produksi CX-3 tidak hanya diproduksi di Jepang, melainkan juga di Thailand.

“AAT adalah hub yang sangat penting yang mengkonsolidasi­kan sistem kami untuk memasok CX-3 segera dan (bentuk) konsist­ensi dengan tumbuhnya pasar SUV kompak,” ucap Managing Executive Officer Mazda, Kiyotaka Shobuda.

Dia melanjutkan, dengan diproduksinya CX-3 di Thailand, Mazda akan lebih menjangkau per­mintaan pasar. Produksi di Thai­land juga diklaim memiliki kualitas tinggi yang sama seperti buatan Jepang. “Kami akan terus mening­katkan citra merek kami,” katanya.

Mazda CX-3 sudah lama terse­dia di Jepang dan dijual di Amerika Agustus 2015 lalu. SUV kompak dari Mazda ini hadir dengan mesin bensin 2.0-liter SKYACTIV-G yang disalurkan melalui transmisi oto­matis enam percepatan dengan penggerak roda depan.

Dengan diproduksinya Mazda CX-3 di Thailand, kemungkinan besar Mazda Indonesia bakal mengimpor mobil itu. Sebab, pasar SUV kompak semakin berkembang dan mengimpor dari Thailand se­makin terjangkau. (*)