Untitled-1Moda transportasi ojek yang menggunakan aplikasi digital ter­bukti mampu men­jawab kebutuhan masyarakat atas transportasi umum yang mudah didapatkan dan mampu mengatasi kemacetan lalu lintas Jakarta. Kini layanan ojek digital ini akan semakin semarak dengan munculnya ‘LadyJEK’, ojek digital khusus untuk penumpang wanita. PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung operasional angku­tan inovatif ini dari sisi penyedi­aan layanan internet dan sistem pembayaran melalui XL Tunai.

Vice President Corporate Communication XL, Turina Farouk, mengatakan, XL ingin turut ambil bagian dalam setiap usaha yang memanfaatkan layanan digital demi meningkat­kan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat. “Karena itu kami tak ragu untuk bekerjasa­ma dengan LadyJEK yang ino­vatif ini, apalagi kami juga me­miliki keperdulian khusus pada usaha meningkatkan peranan kaum perempuan dalam me­ningkatkan ekonomi keluarga,” ungkap Turina kepada BOGOR TODAY, dalam keterangan res­minya, kemarin.

Turina menambahkan, pada kerjasama ini XL memberikan dukungan berupa penyediaan paket data, paket komunitas yaitu gratis bicara dan SMS ke sesama pengemudi LadyJEK, serta layanan mobile advertising. Se­mentara itu, pada pembayaran, XL menyediakan layanan pem­bayaran melalui XL Tunai. Dengan demikian, pelanggan XL yang menggunakan jasa LadyJEK bisa membayar dengan saldo XL Tunainya, mulai 14 Oktober 2015.

Pembayaran dengan XL Tunai dilakukan dengan cara pelanggan melakukan klaim to­ken belanja melalui UMB XL Tu­nai *123*120*1#. Selanjutnya dia akan menerima SMS notifikasi berupa token belanja sebanyak 6 digit kode unik. Pelanggan lalu memberi tahukan token belanja tersebut ke pengemudi LadyJEK. Pengemudi akan input di dalam aplikasi LadyJEK. Saldo XL Tu­nai pelanggan akan terpotong sesuai tagihan yang muncul di aplikasi. Saldo XL Tunai penge­mud secara otomatis akan bertambah.

BACA JUGA :  SPBU di KM 42 Rest Area Tol Japek Disegel Usai Melakukan Kecurangan

Sementara itu, pendiri Lady­JEK, Brian Mulyadi mengatakan, pihaknya sangat antusias untuk memperkenalkan moda trans­portasi roda dua bernama La­dyJEK ini karena layanan inilah yang selama ini dinantikan oleh para wanita.

“Kami ingin memberikan suatu platform yang bisa diguna­kan oleh para wanita Indonesia untuk pemberdayaan wanita, tanpa harus meninggalkan peran­nya yang penting dalam keluarga, sekaligus karena kami percaya bahwa kehadiran LadyJEK adalah solusi yang tepat dan dinantikan oleh kaum wanita yang menjadi­kan mereka lebih aman dan ny­aman untuk menggunakan jasa transportasi umum roda dua sebagai alat transportasi yang menunjang mobilitas keseharian mereka” terangnya.

LadyJEK mulai diperkenalkan ke khalayak umum mulai Kamis (8/10/2015). Untuk tahap awal, layanan ini akan beroperasi di wilayah Jabodetabek. Hingga saat ini sudah ada sekitar 700-an ar­mada, dan akan terus ditingkat­kan seiring dengan kebutuhan masyarakat. Pengemudi LadyJEK mendapatkan pembekalan men­genai pelayanan yang berkualitas, termasuk dalam penerapan kes­elamatan berkendara.

Dengan mengusung slogan “Ojek Wanita untuk Wanita”, layanan ini hadir dengan keuni­kan tersendiri, yaitu pengemudi wanita, dan hanya dikhususkan untuk penumpang wanita. Den­gan demikian, kehadiran LadyJEK merupakan solusi bagi para wani­ta untuk ber-ojek dengan praktis, aman dan nyaman. Selain itu, ke­beradaan LadyJEK juga memberi­kan privasi bagi wanita, karena biker adalah sesama jenis kelamin sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna.

BACA JUGA :  Takjil Segar dengan Es Buah Jelly Selasih, Dijamin Keluarga Akan Suka

Pengemudi LadyJEK dileng­kapi dengan aplikasi teknologi digital terkini. Masyarakat pun bisa mudah mengunduh aplikasi yang berbasis Android dan IOS. Pada aplikasi tersebut, penump­ang akan bisa mendapatkan fitur antar lain untuk mengetahui letak posisi ojek secara live tracking sehingga tidak perlu menunggu tanpa kepastian, juga pemba­yaran tanpa uang cash (cashless payment). Selain itu, penumpang juga memberikan penilaian atas kepuasan menggunakan layanan ini.

LadyJEK juga memiliki fitur keamanan sebagai proteksi jika terjadi yang mungkin terjadi. Sis­tem perlindungan tersebut beru­pa panic alarm yang akan berbu­nyi nyaring sebagai pertahanan tingkat pertama untuk menarik perhatian orang-orang disekelil­ing, yang membantu mereka bila terjadi kejahatan di jalanan yang tidak diinginkan. Selanjutnya ada juga fitur yang melekat pada aplikasi pengemudi, yang se­cara otomatis akan memberikan kepastian lokasi pengemudi dan alert signal untuk tim pendukung dari „LadyJEK’ memberikan ban­tuan. LadyJEK juga memberikan perlindungan asuransi baik untuk pengemudi maupun penumpang.

(Apriyadi Hidayat)

============================================================
============================================================
============================================================

2 KOMENTAR