Untitled-10Belgia segera meresmikan pabrik Information and Communications Technology (ICT) terbesar di dunia, yang terletak di kawasan industri Karawang, Jawa Barat, November 2015 mendatang. Selanjutnya, investasi dari Belgia juga akan dikucurkan di wilayah Bogor. Seperti apa?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Dubes Belgia untuk Indonesia Patrick Herman, usai bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Bandung, Kamis (29/10/2015). “Salah satu tu­juan kedatangan ke sini untuk mempersiapkan investasi dan perdagangan Belgia di Bandung, Bogor dan Karawang,” ungkapnya.

Menurut Patrick, Novem­ber Belgia akan membuka salah satu pabrik terbesar kami di Karawang. Di bulan Maret 2016 kami juga akan melakukan kunjungan ke ITB. Ia menuturkan sekitar tujuh tahun lalu Raja Philippe dari Belgia melakukan kun­jungan ke Jawa Barat, dan gubernur menyambut baik kedatangan/kunjungan terse­but.

Baca Juga :  Kreasi Ditengah Pandemi, Patriot Desa Latih Emak-emak Rengasjajar

 “Ketika kami datang tujuh tahun lalu bersama raja kami, Raja Phillipe, gubernur sangat menyambut baik raja kami di Bandung jadi kami rasa kami memiliki kesempatan yang baik,” kata dia.

Dalam pertemuan terse­but, lanjut Patrick, pihaknya juga membicarakan tentang keunggulan teknologi Belgia yang bisa ditawarkan kepada Indonesia, khususnya Jawa Barat.

“Ada tantangan baru, kes­empatan baru di Indonesia dan kami sangat senang sekali, kedepannya kami bisa mem­bawa perusahaan kami untuk membuka kesempatan inves­tasi, mengembangkan kesem­patan mengeksplor teknologi,” tuturnya.

Pihaknya sangat senang den­gan adanya stimulus berupa paket kebijakan ekonomi dari Presiden Joko Widodo yang membuat Indonesia, khususn­ya Jawa Barat menjadi lebih menarik.

Baca Juga :  Kreasi Ditengah Pandemi, Patriot Desa Latih Emak-emak Rengasjajar

“Dan kami sangat senang sehingga akan banyak proyek yang akan kami bantu ‘im­prove’ di Jabar yang merupa­kan tempat terbaik untuk ber­investasi karena dekat dengan Ibu Kota dan memiliki akses cepat ke Ibu Kota, baik lewat kereta, kanal dan lain-lain,” pa­parnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membenarkan pada tanggal 26 November 2015 akan diresmi­kan pabrik ICT Belgia terbesar di dunia, di kawasan industri Karawang.

“Itu nanti akan diresmikan oleh Pak Presiden Jokowi. Jabar diundang oleh Belgia karena kita kan tuan rumah dan Pak Presiden datang ke sana jadi kita ‘kudu’ (harus) datang,” kata dia.

(ANT/Apri)