alfian mujani 240SEORANG anak SD pergi ke mall dengan ayahnya. Dia meli­hat sepasang suami istri berterngkar dan saling berteriak. ‘’Mengapa dua orang itu saling berteriak, padahal mereka saling berdekatan,’’ tanya si Anak. Si Ayah hanya tercenung. Dia hati-hati menjawab karena jawaban ini sangat penting buat jiwa anaknya.

Ayah yang bijak itu bertutur: “Bila dua orang bermarahan, hati mereka sangat men­jauh. Untuk dapat menempuh jarak yang jauh itu, mereka harus berteriak agar terdengar. Semakin marah, semakin keras teriakan karena jarak kedua hati pun semakin jauh.”

Coba lihat dua pasang remaja yang jatuh cinta itu, lanjut si Ayah, mereka tidak saling berteriak. Mereka berbicara lembut karena hati mereka berdekatan. Semakin saling mencintai, mereka tidak lagi bicara. Hanya berbisikan dan saling mendekat. Bahkan tidak perlu lagi berbisikan. Mereka cukup saling memandang. “Maka, jika terjadi pertengkaran, jangan biarkan hati menjauh. Jangan ucapkan perkataan yang membuat hati kian menjauh. Karena jika kita biarkan, suatu hari jaraknya tidak lagi bisa ditempuh,’’ kata si Ayah. (*)

============================================================
============================================================
============================================================