11809844_510749052424397_206457033_nSejumlah pelaku usaha kuliner berlomba menyajikan menu unik, salah satunya lewat burger. Kudapan ini kini bisa ditemukan dengan aneka isian dan aneka warna. Omzet pengusahanya bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Seperti apa?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Camilan yang bernama burger sudah menjadi makanan mendunia, terke­nal di mana-mana. Bentuknya pun nyaris sama di berbagai belahan du­nia. Umumnya dari roti berbentuk bulat berwarna cokelat dengan taburan wijen dan berisi irisan daging sapi serta sayuran seper­ti selada dan tomat, keju atau telur sesuai selera.

Nah, agar konsumen tidak bosan, banyak pelaku usaha yang berkreasi pada kudapan ini, dengan membuat bentuk-bentuk unik serta isian burger yang beragam. Kini tidak hanya diisi dengan daging sapi, tapi juga ikan, ayam, dan juga burger versi manis yang isinya mulai dari cokelat hingga redvelvet.

Baca Juga :  Frida Aulia Indonesia Tampil di Fashion Show  Launching Batik Khas Parepare

Seperti salah satunya burger buatan Nita Liana yang mengusung merek usaha Madre Arbanat. Burger buatannya dibuat seperti bakpao. Nita pertama kali mencoba membuat burger unik ini untuk anak di tahun 2013. Kare­na bentuknya yang unik, burger-burger bua­tannya dipesan oleh teman dekat dan menjadi rekomendasi dari mulut ke mulut.

Nah, melihat respon yang baik dari orang-orang sekitar, maka Nita mendirikan Madre Arbanat pada Agustus 2015 di Gading Serpong, Tangerang. Ia memang menyasar remaja dan dewasa muda seperti anak SMA dan mahasiswa yang suka kumpul-kumpul. Lagi pula, Nita me­nyatakan, belum banyak tempat yang menjual burger seperti ini sehingga pesaingnya pun ma­sih jarang.

Madre Arbanat ini menyajikan dua macam yakni burger asin dan burger manis alias pao­ger alias bakpao yang digabungkan dengan burger. Nita mengkreasikan bun (roti burger) asin dengan bentuk menyerupai binatang babi, ayam, anjing, yang didalamnya berisi daging sapi, ikan, atau ayam.

Baca Juga :  Frida Aulia Indonesia Tampil di Fashion Show  Launching Batik Khas Parepare

Lalu, rotinya dibuat berwarna warni seperti merah, hitam, cokelat. Sedangkan Paoger ben­tuknya bisa berbentuk lebah, katak, beruang yang isinya es krim seperti cokelat, vanila, dan stroberi.

Ada 10 menu yang disajikan misalnya Madre Brown, Madre Black, Madre Red Velvet, Paoger Dog, hingga Paoger Chick. Harganya mulai dari Rp 36.000 hingga Rp 42.000 per porsi.

Perkembangan bisnis Madre Arbanat ban­yak mendapat tempat di hati para anak muda. Nita bisa menjual lebih dari 50 porsi burger per hari, dan lebih banyak pada akhir pekan. Darisitu dia mengaku bisa mengantongi omzet hingga Rp 50 juta per bulan.

(KTN)