berita-anakBOGOR TODAY – Pemkot menggelar peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bogor bertema “Wujudkan Kelu­arga dan Lingkungan Ramah Anak,”. Acara dipusatkan di Stadion Padjaja­ran, Jalan Pemuda, Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat , mengingat­kan akan pentingnya anak tumbuh dil­ingkungan yang nyaman. “Inilah yang harus menjadi perhatian kita bersama. Karena masa depan anak-anak akan sangat tergantung dengan bagaimana mereka dapat tumbuh dalam lingkun­gan yang sehat aman dan nyaman,” ujarnya, kemarin.

Ade mengingatkan bahwa salah satu yang harus orang tua perhatikan dan jaga adalah pola sistem tontonan TV bagi anak-anak. Karena disadari bahwa sebagian besar acara TV tidak ramah bagi anak-anak. Bahkan untuk tontonan yang secara khusus ditunju­kan bagi anak-anak pun tidak ramah kepada anak-anak. “Oleh karena itu, penting kiranya bagi para orang tua untuk senantiasa mendampingi anak-anak ketika menonton TV. Jangan bi­arkan anak-anak menonton sendiri. Kehadiran kita diharapkan mampu menjelaskan kepada anak-anak terkait acara yang mereka tonton,” pesan Ade.

Baca Juga :  Relawan KNPI Bantu Kadin Salurkan Bantuan ke Warga Isoman

Menurut Ade, pola komunikasi ini penting untuk selalu dijaga agar anak-anak menganggap rumah sebagai tem­pat terbaik untuk bercerita. Terutama saat mereka berhadapan dengan be­ranekaragam masalah.

Ade juga meminta kepada para kepala sekolah dan para guru mampu menjadi mitra yang baik dengan para orang tua untuk melahirkan daya du­kung lingkungan yang baik bagi tum­buh kembangnya anak di Kota Bogor.

Baca Juga :  Satgas Covid Kota Bogor Siapkan Bantuan Sembako dan Obat-obatan untuk Warga Isoman

Sementara itu, Istri Walikota Bo­gor, Yanne Adrian, mengapresiasi acara ini. Yanne berharap anak-anak di Kota Bogor sedikit demi sedikit dapat mengurangi penggunaan gadget guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Seharusnya orangtua menjadi pengontrol anak dalam peng­gunaan gadget serta mengetahui dam­paknya,” ingat Yanne.

Yanne juga mengharap, ma­syarakat dapat memanfaatkan bera­gam fasilitas bagi anak-anak untuk bermain. Seperti keberadaan fasilitas taman yang sudah disediakan oleh Pemkot Bogor untuk memberikan ruang ramah anak. Aktifitas anak-anak bermain di taman penting un­tuk mengekspresikan masa kecilnya dengan berbagai hal seperti bermain, bernyayi, menari dan kegiatan positif lainnya.

(Guntur Eko Wicaksono)