Foto : Kozer
Foto : Kozer

BOGOR TODAY – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memasang pipa high-density polyethylene (HDPE) di Jalan Raya Pajajaran dari sekitar Rumah Dinas (Rum­din) Walikota Bogor hingga Wa­rung Jambu Kecamatan Bogor Utara. Pipa berukuran 600 mm (24 inch), 400 mm (16 inch) dan 300 mm (12 inch) ini akan disu­plai dari reservoir 12.000 m3 yang ada di Jalan Pajajaran ke sebagian pelanggan di zona IV.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Untung Kurniadi mengatakan, pema­sangan pipa HDPE sejauh 3.325 meter ini merupakan program prioritas PDAM pada 2015. Pro­gram ini juga merupakan salah satu strategi direksi dan mana­jemen untuk meningkatkan lay­anan dari segi kualitas, kuanti­tas dan kontinuitas (K3).

Baca Juga :  Relawan KNPI Bantu Kadin Salurkan Bantuan ke Warga Isoman

“Pipa HDPE tersebut nanti­nya bisa mengalirkan air dari reservoir kapasitas 12.000 me­ter kubik dengan maksud mem­perbaiki sistem pengaliran, ter­utama kontinuitas pengaliran. Mengingat saat ini ada keluhan pelanggan di wilayah zona IV seperti Warung Jambu, Bantar­jati, Kedung Halang Talang dan perumahan Villa Bogor Indah 1, 2 dan 3,” ujarnya.

Pengerjaan pemasangan pipa HDPE ini dimulai Minggu (25/10) dan diharapkan tuntas pada akhir tahun ini. Untung berharap setelah pemasan­gan pipa pararel ini selesai, pelanggan di zona IV bisa lebih menikmati layanan air bersih dari PDAM Kota Bogor. “Jika pemasangannya selesai, bisa langsung kita lakukan koneksi. Airnya bisa langsung mengalir ke rumah pelanggan lebih ken­cang lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kadin Kota Bogor Tebar Makanan Siap Saji untuk Warga Isoman

Sementara itu Pelaksana Tu­gas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Sanjaya mengatakan, pengerjaan pemasangan pipa HDPE ini menggunakan metode Boring. “Sistem Boring ini kita pakai dengan maksud agar ti­dak terlalu merusak utilitas yang ada, dan keladamannya pun lebih terjamin,” kata Deni.

PDAM pun akan berupaya maksimal untuk meminimali­sir gangguan lalu lintas akibat pemasangan pipa HDPE ini. “Kami mohon maaf kepada masyarakat yang menggunakan trotoar atau Jalan Pajajaran atas adanya pengerjaan pemasan­gan pipa ini. Kami upayakan pemasangannya dikerjakan se­cepat mungkin agar masyarakat tidak terlalu tertanggu,” Pung­kasnya.

(Guntur Eko Wicaksono)