CARH5kfUMAA1NiRvBANDUNG, Today – Di tengah terpuruknya sepakbola nasional, nama Rahmad Dar­mawan justru tetap mendapat apresiasi dari insan sepakbola luar negeri.

Karena kini pria yang merupakan mantan marinir tersebut akan menu­kangi salah satu klub di Malaysia.

Pelatih Persib, Jajang Nurjaman pun memuji langkah sang partner yang pernah bekerja sama di balik kemudi Pelita Jaya. Menurutnya itu membukti­kan kualitas jempolan tanah air punya kans untuk go international.

“Yang pasti pertama ini salah satu contoh atau peluang bahwa pelatih kita mendapat apresiasi dari negara-negara tetangga. Ini salah satu bukti bahwa kita dihargai,” ujar Janur saat dihubungi, Jumat (30/10).

Namun Janur juga mengatakan bahwa memang tidak sembarangan produk dalam negeri yang bisa berkiprah di manca negara. Menurutnya kualitas yang mumpuni menjadi syarat utama agar bisa mengikuti langkah RD.

Pria asal Lampung itu memang pun­ya segudang prestasi di sepakbola nasional. Dia pernah 2 kali mengangkat trofi ISL bersama Per­sipura dan Sriwijaya FC. Belum lagi ketika mem­bawa timnas Indonesia meraih medali perak di Sea Games 2011.

“Tapi asal kualitasnya seperti RD, karena dia punya kualitas di negara sendiri. Jadi itu sebuah apresiasi yang bagus dan positif,” ucapnya.

Ketika disinggung apakah Janur juga punya keinginan untuk melatih klub luar, dia mengaku masih cinta Persib.

Baginya saat ini yang menjadi fokus utama adalah membawa Maung Bandung terus men­jadi klub nomor wahid di Indonesia. Sejauh ini dia memang telah mempersembahkan 4 trofi bagi Persib dan Janur masih ketagihan mem­persembahkan gelar lainnya.

“Kalau saya belum terpikirkan, masih fokus dulu di Persib, kalau masih dipakai di Persib ya dijalani dulu,” tandasnya.

Wacanakan Uji Coba

Setelah gagal menggelar latihan, kali ini Pers­ib Bandung tengah diberitakan kembali memu­lai latihan persiapan menjelang gelaran Piala Soedirman Cup.

Persib Bandung akan mengadakan Latih tanding dengan menghadapi PSGC Ciamis dan sejumlah klub lain.

Pada latihan perdana jelang turnamen terse­but, skuat Maung Bandung masih belum leng­kap karena lima pemainnya masih bermain di Piala Habibie. Mereka yaitu Firman Utina, Ab­dul Rahmah, Makan Konate, Jajang Sukmara dan Zulham Zamrun.

“Tanpa adanya pemain tersebut jelas mem­pengaruhi program latihan. Untuk itu, selama latihan nanti mungkin akan didatangkan pe­main tambahan,” jelasnya.

Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, men­gakui absensi kelima pemain tersebut mempen­garuhi program latihan tim asuhannya. Maung Bandung pun mendatangkan pemain tambahan untuk melengkapi kuota tersebut.

Persiapannya memang mepet. Tapi kami berusaha mengotimalkan persiapan salah sa­tunya dengan menggelar uji coba di luar Band­ung. Soal lawan yang bakal dihadapi masih be­lum diputuskan,” ujarnya.

“Seperti biasa kami akan mengambil pemain dari klub lokal Bandung sebagai rekan berlatih, seperti yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu,” ujar Djadjang.

Menurutnya, persiapan Persib jelang Piala Jen­deral Sudirman terbilang mepet. Namun, ia akan berusaha mengoptimalkan latihan dalam waktu terbatas ini, termasuk menggelar laga uji coba.

“Rencananya kami akan menggelar uji coba di luar Bandung. Namun, lawan kami belum diputuskan,” tutur arsitek tim yang biasa disapa Djanur ini.

Uji coba di luar Kota Kembang ini juga dia­dakan sekaligus untuk simulasi laga tandang, karena pada fase grup Piala Jenderal Sudirman, Persib akan bermain di luar Bandung.

Sebelumnya, Atep dkk pernah beberapa kali beruji coba di Ciamis menghadapi klub divisi utama, PSGC, dan kontra Sukabumi Selection di Sukabumi.

Persib sepertinya memang akan menggunak­an formula dengan komposisi saat menjuarai Piala Presiden. Juga dengan kemungkinan kem­balinya Vladimir Vujovic yang saat ini masih be­rada di negaranya.

“Saat ini belum ada komunikasi lagi, tapi nanti coba menghubunginya lagi untuk mem­perkuat Persib di ICJSC,” tutupnya.

(Imam/net)