HL---AdilPRSI Kota Bogor mulai menunjukkan keseriusan dalam mengembangkan potensi cabor renang di Kota Hujan. PRSI dalam tempo dua bulan sukses menambah klub renang dari dua klub menjadi 10 klub renang

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Mengawali lang­kah dengan menggelar coaching clinic di Kolam Re­nang Parahyangan, Minggu (24/5/2015) yang diikuti oleh para guru olahraga se-Kota Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan turnamen Walikota Cup Open awal September 2015, Persatuan Renang Se­luruh Indonesia (PRSI) Kota Bogor serius mengembangkan renang di Kota Hujan.

Menambah catatan positif, PRSI Kota Bogor sukses me­nambah jumlah klub renang di Kota Bogor menjadi 10 klub re­nang, dari target awal penam­bahan sebanyak dua klub saja. “Ini hasil yang signifikan dan diluar perkiraan kami,” kata Ketua Umum (Ketum) Pengu­rus Cabang (Pengcab) PRSI Kota Bogor, Eko Supriyanto.

Eko mengatakan bahwa PRSI Kota Bogor butuh penyeg­aran perenang. “Saat ini kita hanya memiliki atlet sedikit sekali. Peru adanya regenerasi secepatnya untuk mempertah­ankan prestasi PRSI Kota Bogor seperti yang telah ditorehkan di ajang Pekan Olahraga Dae­rah Jawa Barat (Porda Jabar) XII/2014 lalu di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Pembinaan regenerasi para atlet renang menjadi perhatian khusus untuk selanjutnya terus dilakukan pembinaan. Mengin­gat, pada Porda Jabar XIII/2018 mendatang Kota Bogor sudah harus memiliki atlet andal yang mampu meningkatkan pering­kat prestasi.” Perenang Kota Bo­gor harus lebih meningkatkan peringkat di Porda, dari perak menjadi medali emas,” katanya.

Tak hanya itu, Eko Supriha­di yang baru saja mengantikan Arifin Himawan, ingin terus menumbuhkan spirit para atlet untuk lebih termotivasi menin­gkatkan prestasinya melalui ke­juaraan secara terbuka.

“Seperti diketahui, mem­bentuk seorang atlet itu tidaklah mudah. Namun membutuhkan proses pembinaan. Sebagai an­tisipasi minimnya atlet renang PRSI Kota Bogor,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Eko, PRSI Kota Bogor mematok target medali emas di ajang Porda Jabar XIII/2018 di Kabupaten Bogor mendatang. Saat ini PRSI Kota Bogor tengah menyiapkan enam orang atletnya untuk di­tempa agar siap bersaing den­gan perenang lain yang nota­bene kaliber nasional di ajang Porda Jabar XIII/2018 men­datang. Pasca ditinggal heng­kang lima perenang terbaiknya.

“Kita sudah ada bibit atlet potensial, ada enam orang. Mereka ini yang tengah kita persiapkan untuk menjadi tu­lang punggung PRSI berlaga di berbagai kompetisi. Kami tar­getkan, di usia emas. Mereka sudah berada di level atlet na­sional,” pungkasnya. (*)