xperia_c5_Ultra_m5.0.0Berbeda dengan lini Z3 Plus yang mengusung teknologi kamera Cy­ber Shot, Xperia M5 Dual mengu­sung teknologi kamera Sony Alpha. Karena itu kecepatan autofokusnya diklaim Sony lebih cepat hingga 0,2 detik.

“Walau merupakan smartphone kelas menengah, namun memiliki spesifikasi kamera yang bahkan lebih tinggi dari flag­ship kami, Z3 Plus,” ujar Ika Paramitha, Marketing Manager Sony Mobile Indonesia di acara peluncuran, Rabu (30/9/2015) di Jakarta.

Resolusi yang dikemas kamera utama M5 Dual juga tergolong tinggi, mencapai 21 megapiksel untuk kamera belakang, dan 13 megapiksel untuk kamera depan. Untuk mengakomodasi tren selfie, Sony memberi­kan M5 Dual 5 inci ini dengan lensa sudut lebar di kamera depannya, 25 mm dengan bukaan diafragma f/2,2.

Selain itu, M5 Dual juga merupakan smartphone kelas menengah Sony yang memiliki kemampuan perekaman video 4K (empat kali Full HD).

Baca Juga :  Diangkat Jadi Kadisbudpar Deni Ziarah ke Makam Bupati Ketiga Kabupaten Bogor

Sementara itu, Xperia C5 Ultra Dual me­miliki ukuran layar lebih besar yaitu 6 inci dengan resolusi Full HD 1080p, serta ditu­jukan bagi penggemar selfie. “C5 Ultra men­jadi penerus rangkaian C series sebelumnya yang telah mendapatkan penghargaan world best pro selfie,” ujar Ika.

Walau memiliki ukuran layar lebih besar, namun C5 Ultra memiliki desain stylish den­gan bingkai smartphone yang terlihat tipis, sekitar 0,8 mm. Sebagai smartphone selfie, C5 Ultra dilengkapi dengan kamera depan resolusi 13 megapiksel autofokus dengan bukaan lensa f/2,0 dan sudut lebar 22 mm. Kemampuan selfie ditunjang dengan lampu flash pintar yang bisa disesuaikan kekuatan lampunya.

Baca Juga :  Palsukan Kartu Vaksin Covid-19, Pasutri di Bogor Ditangkap

Di sisi software, Sony menambahkan aplikasi selfie dalam Xperia C5 Ultra. Ap­likasi ini bekerja layaknya filter kamera yang memberikan efek-efek tertentu agar foto selfie terlihat lebih menarik, seperti efek beautification, sunrise, dan sebagainya.

Kedua smartphone Xperia terbaru Sony memiliki rating IP65/IP68 yang artinya ta­han partikel debu dan tahan air di kedala­man 1,5 meter selama 30 menit. Untuk har­ga, Xperia M5 Dual dijual dengan harga Rp 6 juta, sementara C5 Ultra Dual dibanderol dengan harga Rp 4,8 juta. Keduanya me­miliki dua slot kartu SIM dan dukungan koneksi 4G LTE dan sudah tersedia di toko-toko retail offline dan online mulai Oktober 2015.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]