IMG_0026Persatuan judo Seluruh Indo­nesia (PJSI) Kota Bogor kem­bali menambah prestasi dan mengharumkan nama Kota Hujan. Tujuh orang pejudo binaannya dengan gemilang meleng­gang masuk ke Pelatda PON XIX/2016.

Sekretaris Umum (Sekum) PJSI Kota Bogor, Yudi Wahyudi mengatakan bah­wa cabang olahraga (cabor) Judo meru­pakan satu-satunya cabor yang tidak menggunakan sistem pra-PON sebagai syarat mengikuti PON, namun meng­gunakan sistem rangking atau poin ter­baik.

“Total ada tujuh pejudo dan satu pelatih yang masuk memperkuat kontingen Jawa Barat ( Jabar) di ajang PON XIX/2016. Poin penilaian sudah mulai dikumpulkan sejak tahun 2013 lalu hingga Desember 2015 nanti,” terangnya.

Ketujuh atlet Judo Kota Bogor yang mendominasi Pelatda PON XIX/2016 nanti adalah, Horas Manurung, Budi Hi­dayat, Deden Setiadi, Ade Sujana, Szal­sza Maulida, Mia Maulidini, dan Teni Anggraeni.

Lebih lanjut dikatakan Yudi, dalam aturan Pengurus Besar (PB) PJSI, atlet dengan poin dan ranking 10 besar na­sional, pada setiap nomor kelas per­tandingan berhak untuk tampil di PON XIX/2016 mendatang.

Berdasarkan akumulasi poin, dan ranking, mereka yang lolos adalah, Horas Manurung kelas 90kg rank 1 nas, Budi Hidayat kelas 66 rank 4 nasional, Deden setiadi kelas 90 kg rank 9 nas, Ade Sujana kelas -100 rank 5 nas, Szal­sza kelas 70 kg rank 4 nas, Mia Maulidini kelas -78 kg rank 4 nas, dan Teni Ang­graeni kelas -63 rank 3 nas.

Untuk pelatih, ada Sugiri Wijaya yang sukses membawa tim Judo Jabar pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) lalu. “Sementara, satu orang pelatih Sugiri Wijaya, juga terpilih seb­agai Pelatih Judo Pelatda PON yg akan difokuskan melatih Tim Nomor Kata Putra,dan Putri,” lanjutnya.

“Capaian ini merupakan bukti dari pola pembinaan prestasi yang berjen­jang, berkesinambungan, dan berkelan­jutan. Serta menjadi modal awal mena­tap Porda 2018 mendatang. Ditambah dengan atlet judo Kota Bogor yang be­rada di PPLP Jawa Barat sebanyak enam atlet, dan di pelatnas dua atlet,” pung­kasnya. (*)

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]