kapoldaPolda Jawa Barat memerintahkan untuk memberantas penambangan emas liar tanpa izin (gurandil) hingga ke akar-akarnya. Selain untuk penegakan hukum, potensi kerugian negara juga menjadi alasan.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Hal itu diungkapkan Kapolda Jabar, Irjen Moechgiyarto yang meme r i n t ahkan semua kapolres yang ada di wilayah hukumnya untuk menertibkan segala aktivitas gurandil khusunya di Kabu­paten Bogor.

“Belum lama ini ada gu­randil di Pongkor. Saya sudah perintahkan semua kapolres un­tuk menertibkan. Kami juga sudah peringatkan warga pendatang un­tuk meninggalkan lokasi,” ujar Irjen Moechgiyarto, Jumat (9/10/2015).

BACA JUGA :  Pengamen Jalanan di Cileungsi Bogor Ditemukan Tak Bernyawa

Dirinya melanjutkan penambangan ilegal di Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) PT Antam Tbk, Pongkor meru­pakan bukti pelanggaran hukum yang ha­rus ditindak sesuai hukum yang berlaku.

“Ini sudah berlangsung begitu lama. Sehingga harus ditindak secara serius karena oknum-oknum pelanggar hukum juga telah memanfaatkan potensi negara ini,” tegasnya.

Kapolda pun mendesak para kapolres untuk menelusuri penambangan ilegal tersebut. Jika ditemukan, dia meminta agar pelaku ditindak tegas.

Seperti diketahui, penambangan emas ilegal di Gunung Pongkor, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Ka­bupaten Bogor telah ditertibkan petugas Polres Bogor akhir September lalu. Ratu­san bangunan tempat pengolahan bahan baku emas juga telah dimusnakan oleh petugas.

BACA JUGA :  Pengamen Jalanan di Cileungsi Bogor Ditemukan Tak Bernyawa

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto sangat antusias dengan perintah Kapolda Jabar.

“Ya sangat setuju. Karena penamban­gan ilegal jelas-jelas merugikan negara dan merusak lingkungan,” tegasnya ke­pada Bogor Today.

Terpisah, Humas PT Antam, Bagus Purbananda mengatakan, pihaknya me­nyerahkan sepenuhnya penumpasan gu­randil kepala kepolisian.

“Iya kalau itu bukan wewenang kami. Itu kan ranah kepolisian. Informasi tera­khir sih Polres Bogor sedang mengejar penadah-penadah besar bagi gurandil,” tuturnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================