Mochamad-NovriantoDi zaman yang serba modern saat ini, produk kuliner juga terus berkembang menjadi lebih variatif dan modern. Tidak mengherankan kalau banyak masyrakat yang gemar mengonsumsi frozen food karena rasanya yang lezat dan proses penyajian yang amat praktis. Namun, ternyata tak sedikit frozen food yang memiliki kandungan gizi kurang sehat. Nah, melihat itu Tiara Food mencoba menangkap peluang dengan menawarkan frozen food yang bergizi serta menyehatkan.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Mochamad Novrianto misal­nya. Melihat belum banyaknya pelaku usaha frozen food yang sehat menarik Novri untuk membuka usaha healthy fro­zen food dengan brand Tiara Food. Agar lebih cepat berkembang Tiara Food dipasarkan lewat kerja sama keagenan. Kini Tiara Food telah me­miliki 100 Mitra yang tersebar hampir di selu­ruh kota besar Indonesia. “Masih sedikitnya pelaku usaha healthy frozen food menarik saya mengembangkan bisnis ini,” ujarnya.

Karena tidak memiliki keahlian membuat frozen food, pria yang akrab disapa Novri ini mencari resep dan cara membuat frozen food dari internet dan buku resep makanan. Agar mendapatkan cita rasa yang disukai pasar, Novri melakukan uji coba resep dan test food pada orang-orang terdekat.

“Proses trial & error dan test food sekitar satu bulan sampai didapat komposisi resep yang pas. Meski demikian, sampai saat ini saya masih terus meningkatkan kualitas produk baik dari rasa, tekstur, dan kandungan gizi,” terang pria 32 tahun tersebut.

Yakin dengan resep buatannya, Novri mulai memproduksi healthy frozen food dengan brand Ti­ara Food pada November 2012. Dengan modal awal sekitar Rp 10 juta, Novri memulai usaha. Modal itu digunakannya untuk membeli bahan baku, pera­latan usaha seperti freezer, dan media promosi.

“Lewat Tiara Food saya ingin menanamkan pentingnya memilih makanan sehat dan aman di konsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua,” ujar Novri yang menjadikan nama anaknya sebagai nama brand usahanya.

Hingga Agustus 2015, Tiara Food memiliki 10 jenis produk frozen foodfavorit yang belum termasuk sejumlah varian frozen food lain­nya. Produk tersebut antara lain adalah bakso ayam, bakso sapi, chicken strips, ebi furai, nug­get ayam keju, sosis sapi, sosis ayam keju, spicy chicken wings, sup ayam, dan tahu bakso bulat.

Minimnya pesaing, membuat Tiara Food cepat diterima oleh masyarakat sekitar, bahkan tidak sedikit yang ingin menjadi Mitra Tiara Food. Banyaknya tawaran tersebut menarik minat Novri mengembangkan usahanya lewat kerja sama kemitraan. Sebagai persiapan Novri mengurus semua perizinan yang diperlukan.

Adapun perizinan yang telah dilakukan Novri mulai dari mendaftarkan brand Tiara Food ke Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelek­tual), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDI (Tanda Daftar Industri), LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Makanan), hingga sertifikat Halal dari MUI (Majelis Ulama Indo­nesia). “Kita juga sedang dalam tahap proses mendaftar ke BOPM RI MD,” ujarnya. Sejak di Mitrakan pada Desember 2012, kini Tiara Food telah memiliki 100 Mitra yang tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

Healthy Frozen Food. Menurut Novri, Tiara menggunakan bahan baku berkualitas, seperti ayam, daging maupun ikan. Yang peting Ti­ara Food tidak menggunakan MSG (Monoso­dium Glutamat) yang membuatnya lebih sehat dibandingkan dengan frozen food produksi pabrikan. Bukan hanya itu, agar produknya lebih bergizi Novri menambahkan campuran aneka sayur-sayuran dan keju pada beberapa varian tertentu. Tiara Food juga menggunakan kemasan food grade yang menarik, aman un­tuk makanan, multifungsi, serta microwave safe.

(HLO/Apri)