Untitled-13BOGOR TODAY – Tim Penilai Kementerian Perikanan dan Kelautan kemarin mengunjungi Kelompok Pembudidaya Ikan Hias Mina Karya Bersama, Ke­lurahan Sindangsari, Kecama­tan Bogor Timur, Kota Bogor, kemarin. Kelompok ini berhasil menganyabet Juara I Lomba Ki­nerja Kelompok Pembudidaya Ikan Hias Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015. Kelompok Mina Karya Bersama, nantinya akan bersaing dalam Lomba yang sama di tingkat nasional.

Ketua Tim Penilai Kemen­terian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Restu Yunaidar, mengatakan, ber­dasarkan data BPS tahun 2013, produksi ikan hias menjadi pe­nyumbang rumah tangga peri­kanan dengan hasil tertinggi. Ia juga menjelaskan, dengan rata-rata capaian sekitar 57 juta/bulan, pengembangan budidaya ikan, kini mengalami peningkatan dengan menggu­nakan alternatif kolam plastik.

BACA JUGA :  PVMBG Laporkan Gunung Marapi Erupsi Malam Ini

“Tanpa lahan yang besar namun mampu memberikah hasil yang maksimal” kata dia. “Pemerintah juga senantiasa membantu dengan memberikan paket-paket bantuan budidaya dalam meningkatkan produksi perikanan,” tambahnya.

Restu juga menjelaskan, dalam lomba penilaian kin­erja kelompok ini, ada 10 kat­egori penilaian terkait peri­kanan. Provinsi Jawa Barat pada tahun lalu mendapat 7 kat­egori penilaian yang tersebar di beberapa daerah, salah satunya Kota Bogor untuk budidaya ikan hias. Ia kembali mengatakan, tujuan pihaknya berkunjung ke Kota Bogor untuk penilaian di­namika kelompok, dalam rang­ka penguatan kelembagaan dan kegiatan yang bersifat ekonomi dan kegiatan social. “Intinya untuk menunjang kesejahter­aan kelompok dan masyarakat serta teknis budidayanya sendi­ri. Semoga penilaian ini mampu menyakinkan untuk menunjuk kelompok Mina Karya Bersama, menjadi yang terbaik dan mam­pu meraih hasil maksimal,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Serundeng Jawa Anti Gagal, Wajib Coba!

“Saat ini Indonesia masuk dalam 4 besar dalam perda­gangan ikan hias di dunia. Di bawah Spanyol, Jepang dan Malaysia,” timpalnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Mina Karya Bersa­ma, Muyke Febriana, menga­takan, pihaknya dapat menjadi mitra pemerintah dalam pem­berdayaan masyarakat. Khu­susnya Kota Bogor dalam men­ingkatkan ekonomi masyarakat Kota Bogor. “Kami akan bukti­kan bahwa budidaya ikan di Kota Bogor dapat bersaing den­gan wilayah lain,” akunya.

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================