hayden-baru-2Salah satu pembalap MotoGP senior, Nicky Hayden, dikabarkan masuk dalam radar incaran tim World Superbike Honda untuk musim 2016.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Perihal tersebut diung­kapkan langsung oleh manajer tim pabrikan asal Jepang tersebut yakni Carlo Fiorani belum lama ini.

“Kesepakatan antara kami dengan Nicky sudah semakin dekat, dan kini hanya tinggal penandatanganan kontrak saja. Dia juga sangat tertarik dengan rencana kami tunjukkan ke­padanya untuk tahun depan,” ucap Fiorani, seperti dikutip Speedweek, Minggu (4/10/2015).

“Dia memang sudah men­jadi incaran prioritas kami sejak tahun lalu. Akan tetapi, kes­epakatan kerap gagal lantaran sang pembalap masih memiliki hasrat untuk bertahan di ajang MotoGP,” lanjut pria asal Italia tersebut.

Namun, pada akhirnya mampu meyakinkannya untuk bergabung ke ajang Superbike tahun depan. “Saya berharap dengan kehadirannya, mem­buat kami mampu meraih ban­yak kemenangan musim de­pan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Qatar di Piala Asia U-23 2024

Hayden sendiri memang sudah gencar dilaporkan bakal hengkang dari ajang MotoGP ke Superbike dari beberapa hari terakhir. Namun, juara du­nia MotoGP satu kali ini kerap membantah segala rumor yang berkembang.

Manager Honda Superbike, Carlo Fiorani, mengonfirmasi ka­lau pihaknya tinggal menunggu tanda tangan rider asal Amerika Serikat itu sebagai tanda jadi.

Seperti diketahui, kontrak Hayden dengan Aspar di Mo­toGP akan habis akhir musim ini. Tim yang berbasis di Va­lencia, Spanyol, itu juga telah memastikan perekrutan rider Pramac Ducati, Yonny Hernan­dez, untuk mengisi line up rider musim depan.

Sementara disisi lain, kon­trak rider Aspar lainnya, Eu­gene Laverty, baru habis akhir 2016. Karena itu lah, The Ken­tucky Kid julukan Hayden pun praktis tersisihkan.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menang Tipis 0-1 Lawan Australia

“Nicky Hayden sudah pu­nya kesepakatan dengan kami, tinggal menunggu tanda tan­gan. Gaya balap Nicky sangat cocok dengan motor kami. Ba­gian depan Fireblade (Honda CBR1000RR) sangat stabil, co­cok dengan Nicky yang gemar melakukan slide. Nicky juga punya ikatan yang kuat dengan Honda,” ungkap Fiorani, sep­erti dimuat Speedweek.

Hayden sendiri sebenarnya tak asing dengan Superbike. Sebelum mengaspal di MotoGP pada 2003, rider berusia 33 ta­hun itu pernah menjuarai AMA Superbike pada 2002 dan per­nah mendapatkan jatah wildcard di WSBK pada tahun yang sama.

Bila benar terjun ke WSBK 2016 bersama Honda, maka Hayden akan menggantikan juara dunia musim 2014, Sylvain Guintoli, yang sudah dipastikan hengkang ke Yamaha. Hayden pun nantinya akan bertandem dengan jawara World Supersport 2014, Michael van der Mark. (*)

============================================================
============================================================
============================================================