Untitled-2MADRID, Today – Jarang terjadi sebelumnya persaingan di papan atas klasemen Liga Spanyol ber­langsung ketat dan ramai. Sampai selepas pekan delapan, ada lima tim di posisi teratas dengan di antara mereka cuma berselisih dua angka saja.

Sama-sama mengumpulkan 18 poin, saat ini Real Madrid, Celta Vigo, dan Barcelona ada di posisi teratas klasemen Liga Spanyol. El Real berhak ada di urutan satu karena punya produktivitas dan selisih gol yang lebih baik, Celta ada di belakangnya sementara Barca di tangga ketiga.

Di belakang ketiga klub itu ada dua tim lain yang membayangi dengan ketat. Atletico Madrid dan Villarreal berada di posisi empat dan lima dengan sama-sama mengeoleksi 16 poin. The Yellow Submarine malah pernah bertengger di posisi teratas selepas pekan keenam lalu, yang menjadi catatan sejarah karena tak pernah sebelumnya mereka be­rada di sana.

Ketatnya persaingan di papan atas La Liga ini tercipta karena awal musim yang berja­lan penuh kejutan (dan banyak kekecewaan buat beberapa tim). Sevilla dan Valencia yang diprediksi jadi kuda hitam menjalani awal musim tak seperti yang diprediksi. Start lam­bat membuat mereka masih terlempar di pa­pan tengah.

Di sisi lain Villarreal dan Celta Vigo tampil oke. Tapi hal utama penyebab ketat dan ra­mainya persaingan di papan atas adalah Bar­celona dan Madrid yang sudah kehilangan banyak poin.

The Catalans sudah menelan dua kekala­han saat berhadapan dengan Celta Vigo dan Sevilla. Cedera pemain dan barisan belakang yang buruk menjadi masalah besar skuat be­sutan Luis Enrique di awal musim ini. Total sudah 11 gol bersarang di gawang mereka se­jauh ini.

Hal serupa terjadi di Madrid, yang meski belum kalah tapi sudah tiga kali mereka ber­main imbang. Keylor Navas berhasil dengan baik menutup kepergian Iker Casillas, namun Rafael Benitez sempat dipusingkan dengan beberapa pemain yang absen di beberapa pertandingan awal musim ini.

Sport mencatat kalau ini menjadi awali musim paling ketat dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai gambaran, di periode yang sama musim lalu Barcelona dan Sevilla bera­da di posisi teratas klasemen dengan 22 poin. Sementara Madrid ada di urutan tiga dengan 21 poin.

Sementara pada 2013-2014, Barça dan Atletico Madrid sama-sama telah mengoleksi 24 poin, sementara El Real punya 19 angka. Sedangkan di 2012-13, Barca dan Atletico sa­ma-sama berada di atas dengan 22 poin, lalu Malaga di urutan tiga dengan 17 poin.

Di 2011-12 urutannya adalah Barca (20), Madrid (19), dan Levante (18). Kali terakhir pemuncak Liga Spanyol mengoleksi poin di 18 setelah delapan pertandingan adalah pada musim 2005-06.

Di tahun itu Getafe berada di posisi tera­tas dengan 17 poin, Celta dengan 16 poin ada di posisi dua, diikuti Madrid (15), Valencia (15) dan Barca (13).

(Adil | net)