Untitled-15BOGOR TODAY – Distribusi air bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor ke wilayah zona layanan I terganggu akibat kebocoran pipa transmisi di daerah Car­ingin Kabupaten Bogor. Petu­gas PDAM terus berupaya keras menangani kebocoran dengan merelokasi pipa steel 21 inch itu ke tempat yang lebih aman, tak jauh dari lokasi jalur pipa saat ini.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Untung Kurnia­di, menyebutkan, pipa transmisi dari sumber mata air Tangkil ini diketahui mengalami kebocoran pada Sabtu (3/10/2015). Ini terindika­si setelah level pada inlate Rancamaya turun drastis dari posisi normal 120 l/det menjadi 90 l/det, dan terus me­nyusut menjadi 70 l/det, bahkan sempat mencapai titik 36 l/det.

“Setelah ditelusuri oleh petugas dari Sub Bagian Pen­galiran, akhirnya ditemukan ada kebocoran pipa transmisi di Jalan Raya Caringin. Ini yang menyebabkan aliran air ke pel­anggan di wilayah zona I yang meliputi Kecamatan Bogor Selatan dan Kecamatan Bogor Timur terganggu,” kata Untung.

BACA JUGA :  Bima Arya Cerita Kisah Perjalanan 10 Tahun Menata Kota Bogor

Namun tim dari Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran tak bisa serta merta memper­baiki jaringan pipa berusia 30 tahun itu. Ini karena pipa bua­tan Australia tersebut tertanam tiga meter di dalam beton turap penahan jembatan. Untung menduga kebocoran pipa ini akibat sambungan pipa yang berubah posisi (defleksi) setelah mengalami pergerakan tanah.

“Kemungkinan karena ada pergerakan tanah. Sambungan pipa melengkung akibat beban dari atas. Kalau dibiarkan, pipa bisa patah. Sangat sulit mem­perbaiki kebocoran pada situasi seperti itu. Satu-satunya pen­anganan adalah memindahkan lokasi pipa ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Namun relokasi pipa juga bukan tidak menimbukan risiko. Distribusi air ke pelang­gan sudah pasti akan terganggu selama proses pengerjaan. Tapi PDAM sudah punya langkah antisipasi. “Selama pengerjaan relokasi, perbaikan pipa lama tetap dilakukan. Jadi saat per­baikan pipa lama selesai, tapi pengerjaan relokasi belum rampung, air bisa tetap menga­lir. Ketika relokasi selesai, pipa lama ini akan mempercepat re­covery,” urai Untung.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Menu Makan Siang dengan Semur Daging Istimewa yang Lezat dan Nikmat

Rencananya pengerjaan relokasi dilakukan Senin hing­ga Rabu (5-7/10). Selanjutnya Kamis (8/10), PDAM akan mel­akukan recovery pengaliran. Kemungkinan air kembali normal pada hari Jumat (9/10). “Sebenarnya kami sudah mengoperasikan IPA Ciketereg kapasitas 40 l/det. Namun belum bisa memenuhi Reser­voar Rancamaya,” ung­kap Untung.

Selama pipa belum diperbaiki, maka dae­rah pelayanan Zona I yang meliputi Kelurahan Bojong­kerta, Kertamaya, Harjasari, Sindangrasa Muarasari akan mengalami gangguang. Gang­guan pengaliran pun akan ter­jadi di Perumahan Royal Tajur, Unitex, Pakuan Hill, Mutiara Bogor Raya, Katulampa, Ran­camaya, Jalan Wangun Atas, Jalan Biotrop dan Kp Cogreg Dekeng.

“Kami memohon maaf atas gangguan dan ketidakny­amanan ini. Kepada pelanggan yang membutuhkan air bersih melalui tangki, silakan hubungi call center PDAM di nomor (0251) 8324111,” pungkasnya.

(Guntur Eko Wicaksono)

============================================================
============================================================
============================================================