Untitled-6BANYAK harapan yang ditaruh di pundak pemuda. Generasi mendatang ini menjadi pembuka kebesaran bang­sa di masa mendatang. Pelajar men­jadi kunci harapan paling besar. Kare­nanya, peran pelajar sebagai generasimuda menjadi sangat berarti.

Oleh: RIFKY SETIADI
[email protected]

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 87 yang digelar oleh KNPI Kota Bogor, para pelajar akan diperankan dalam berbagai kegiatan edukatif. Rangkaian kegiatan yang melibatkan pelajar ini akan dibuka dengan Turnamen Basket tingkat SMA yang akan berlangsung pada 5-13 Oktober 2015 mendatang di Indoor GOR Padjajaran, lalu digelar Seminar Pendidikan tentang “Vandalisme, Tawuran & Narkoba” untuk SMA pada Senin, 19 Oktober 2015 di Ruang Rapat 1 Balaikota. Pesta kepemu­daan bagi pelajar juga akan dilengkapi dengan Pelatihan Membatik untuk SMK pada Kamis, 22 Oktober 2015 di Aula Mila Kencana, dan dilanjutkan dengan Lomba Ketangkasan Pengi­baran Bendera (LAKBAN) untuk SMP & SMA pada Sabtu, 24 Oktober 2015 di Plaza Balaikota Bogor.

Koordinator kegiatan Hari Sumpah Pemuda ke 87 KNPI Kota Bogor, Muhammad Sajidin, M.Si, mengung­kapkan pentingnya meli­batkan pelajar dalam kegiatan kepemudaan. Lelaki yang juga Ketua Purna Paskibraka Indo­nesia (PPI) Kota Bogor itu mengungkapkan pelajar sebagai ba­gian dari generasi muda harus mu­lai terlatih untuk berkompetisi seb­agai salah satu kun­ci keberhasilan di masa mendatang. “Bila perjuangan yang dilakukan di zaman lam­pau ialah dengan mengangkat sen­jata guna mengusir penjajah, maka generasi muda saat ini harus melengkapi diri dengan revitalisasi nilai-nilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah, rela berkorban bagi bangsa dan menjunjung tinggi rasa soli­daritas serta sportivitas. Inilah upaya-upaya membangun karakter bangsa yang tangguh agar bangsa ini sama besar dan sejajar den­gan bangsa-bangsa lain di dunia,” tanggap Aji, begitu ia biasa disapa.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Aji juga menuturkan, kompetisi positif di kalangan pelajar menjadi penting untuk dilakukan agar mereka mampu melatih diri dalam persaingan sekaligus mengasah bakat dan kemampuannya. “Dari berbagai rang­kaian kegiatan yang disiapkan, banyak nilai edukasi yang ditawarkan kegiatan ini, mulai dari kedisplinan, kreativitas, hingga upaya menjunjung tinggi kebudayaan bangsa,” te­gasnya.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Kegiatan bagi para pelajar juga akan diawali dengan berbagai pengayaan yang dilakukan oleh PPI Kota Bogor dalam rang­kaian Bhakti PPI Kota Bogor. Salah satunya dengan melakukan Latihan Gabungan (Lat­gab) tingkat SMP, SMA/SMK/MA pada Min­ggu (4/10/2015) mendatang. Acara bertema “Kebersamaan Kita di Paskibra” ini akan diisi dengan sosialisasi Peraturan Panglima TNI Nomor 46 Tahun 2014 sekaligus informasi pelaksanaan LAKBAN Tahun 2015. Acara yang berlangsung di Lapangan Sempur Kota Bogor ini akan dimulai pukul 09.00 WIB atau setelah Car Free Day usai dan merupakan ba­gian dari persiapan peserta dalam mengha­dapi kegiatan tahunan LAKBAN.

Hari ini, Jumat (02/10/2015) PPI Kota Bo­gor juga menggelar Sharing Season bertema “Menjadi Pribadi Unggul” bersama Rayhan­dikha Renarand, Paskibraka Nasional 2015 dari Kota Bogor dan Muhammad Sajidin, M.Si, Ketua PPI Kota Bogor. Acara ini akan berlangsung pukul 13.30 WIB di Ruang Rapat 1, Balaikota Bogor.

============================================================
============================================================
============================================================