BOGOR TODAY – Center for Islamic Business and Economic Studies (CIBEST) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Um­mah Market (UMMAR) menggelar Bazar Syariah & Soft Launching App Ummah Market (UMMAR)” di lapangan Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, ke­marin.

Acara dimulai dengan ceramah agama oleh Us­tad Didin Hafidhuddin dengan tema “Hijrah Bisnis”, dilanjutkan dengan sambutan dari Walikota Bogor, Bima Arya. Dr. Irfan Syauqi Beik dari CIBEST LPPM IPB mengisi Talkshow “Ekonomi Syariah” dilanjut­kan dengan tampilnya dua pendiri UMMAR yaitu Putra Fajar dan Lio Hudyawan.

Putra menceritakan asal muasal ide platform jaringan usaha muslim ini, yaitu melihat semakin banyaknya pengusaha yang berhijrah dan men­jalankan bisnisnya secara Islami, ditambah pen­galaman pribadi dari 2012 menghadapi berbagai tantangan dalam berhijrah.

BACA JUGA :  Takjil Segar dengan Blewah Pepaya yang Enak Cocok untuk Menu Bukber

Menurut hasil survei yang dilaksanakan oleh Center for Middle Class Consumer Studies (CMCS), fenomena yang terjadi, tatkala penduduk Indone­sia semakin naik pendapatannya, mereka justru semakin religius. Agama menjadi faktor penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Fenomena ini bisa terlihat dalam berbagai hal, umpamanya semakin banyaknya orang Indonesia mengenakan hijab, tingginya kebutuhan musholla di berbagai fasilitas umum seperti mal, kafe atau restoran, tingginya minat masyarakat terhadap sekolah ber­pendidikan keagamaan, tumbuhnya industri yang sesuai dengan ketentuan syariah, sensitifnya isu halal dalam makanan atau pun kosmetik. “Lalu ter­pikirkan untuk membangun sebuah sistem dimana usaha-usaha dalam berbagai industri tersebut bisa saling terkoneksi satu dengan lainnya, agar terjadi saling jual beli, interaksi dan sinergi. Konsep ini dinamakan “Muslim Helping Muslim Business”. Sistem ini menjadi platform jaringan perdagangan syariah yang dinamakan Ummah Market atau UM­MAR,” paparnya.

BACA JUGA :  Majalengka Diguncang Gempa Terkini M3,1, Terasa di Bandung Barat hingga Sumedang

UMMAR merupakan Business Locator Appli­cation berbasis android pertama yang ada di du­nia. UMMAR akan memfasilitasi para pedagang muslim untuk saling terhubung satu sama lain. Melalui GPS, pengusaha muslim yang ada di UM­MAR dapat mengetahui keberadaan pengusaha muslim lainnya dalam radius 15 km (radius ini se­makin mengecil seiring pertumbuhan usaha yang bergabung). Lalu melalui informasi tersebut pen­gusaha muslim akan saling ber-silaturahim dan mengenal lebih dalam sebelum terjadi transaksi jual beli antar sesama pengusaha muslim. Inilah yang menjadi keunikan dari UMMAR, bahwa nilai “Amanah” harus dibangun dalam setiap interaksi antar member UMMAR.

(Imam Bachtiar/*)

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR