BOGOR, TODAY – Demi melihat penguasaan materi keagamaan para siswanya, Sekolah Dasar (SD) Abdulah Bin Nuh (ABN) yang beralamat di Jalan Taman Cimanggu, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, melakukan praktik salat yang dibarengi penilaian nilai mata pelajaran, salah satunya menunaikan Salat Dhuha berjamaah.

Kepala Sekolah SD ABN, Samat menuturkan, kegiatan ini men­jadi agenda wajib para murid dan staf pengajar sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, karena dinilai efektif dalam menanam­kan moral keagamaan untuk murid.

“Setiap hari, sebelum masuk kelas, anak-anak diwajibkan untuk Salat Dhuha serta membaca beberapa ayat surat muroja’ah Juz 30 bersama-sama,” ujarnya.

Samat menginginkan anak didiknya tumbuh menjadi pribadi yang berakal dan patuh kepada tuntunan agama lewat kegiatan ini.

“Dengan diadakannya kegiatan Salat Dhuha, bacaan doa dan AL Quran setiap paginya, diharapkan para siswa akan lebih dekat den­gan Allah, sehingga mereka akan memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik,” ungkapnya.

Di tempat berbeda, Salah satu siswa yang tengah mengikuti ke­giatan Salat Dhuha, Rizky mengungkapkan, ia dan kawan-kawan merasa senang dengan banyaknya kegiatan keagamaan di seko­lahnya. Selepas kegiatan ini, Rizky dapat menggunakan sisa kesem­patan waktu longgar agar bisa bermain dengan teman-temannya selepas menunaikan kewajiban itu.

“Tadinya aku cuma bisa baca Iqro, tapi di kelas empat sudah hampir selesai dan memasuki tingkat Al Quran,” katanya.

Sementara itu, Salah satu wali murid siswa SD ABN, Irawadi Ra­hya mengatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan keagamaan sekolah. Lantaran, sejauh ini ia melihat perubahan yang signifikan dari buah hatinya.

“Jika bisa ditambah lagi kegiatan keagamaannya yang berupa ekstrakulikuler, ataupun aktifitas luar ruangan, namun tertap ber­bau kerohanian,” harapnya.

(Latifa Fitria)